Dua Orang Anggota KTTJM Babak Belur Dianiaya PAM, Security PT SSL. PBB dan Polres Palas Turun Kelapangan

HARIAN9 author photo

 

PALAS| H9
Ratusan masyarakat dan Pemuda Batak Bersatu (PBB) 4 DPD kabupaten. Palas, Paluta, Labusel dan Tapsel, turun langsung ke Tempat Kejadian Perkara (TKP) Di Daerah Desa Hadungdung Aek Rampa, Kecamatan Aek Nabara Barumun, Kabupaten Padang Lawas ((PALAS) untuk mempertanyakan permasalahan tersebut kepada pihak  PT. Sumatera Silva Lestari (SSL) Terkait Pemukulan anggota Kelompok Tani Torang Jaya Mandir (KTTJM). yang di ketuai, Timbul sinaga dan juga sebagai penasehat. PBB, DPD Padang Lawas, kamis (14/10/2021).

Anggota kelompok tani korban pemukulan yang diduga dilakukan oknum PAM swakarsa dan security PT. SSL tersebut atas nama, Miduk Situmorang dan Dewi boru Sihotang pada hari senin, (11/10/2021)sore dan langsung di bawa ke rumah sakit umum daerah Sibuhuan untuk mendapatkan perawatan sebagai mana di beritakan di media ini saat itu, adalah merupakan anggota oeganisasi PBB sendiri.

Disaat situasi waktu itu, dimana pihak PT.SSL sudah sama-sama dilapangan dengan organisasi PBB tersebut, Polres Palas juga langsung menurunkan personilnya dalam rangka memantau situasi yang tidak di inginkan di pimpin langsung Wakapolres Kompol Jony Ward Sijabat, SH di dampingi oleh beberapa PJU Polres Palas,

Wakapolres Kompol JW Sijabat di lokasi TKP menyampaikan arahan agar kedua belah pihak saling menghargai dan menghormati dan sama sama menjaga diri agar tidak terjadi ketersinggungan antara kedua belah pihak.

",Saya berharap kepada kita semua agar menjaga diri, jangan sampai pertemuan kita ini berujung dengan keributan dan kerusuhan, kami dari kepolisian hadir disini adalah sebagai pengaman di dalam hal ini.' Himbau Wakapolres.

Terkait proses hukum dalam hal pemukulan anggota KTTJM yang diduga di lakukan oknum PAM Swakarsa dan security tersebut, kata Wakapolres,' silakan kasat reskrim yang menerangkan ,' ujar JW Sijabat.

Kasat reskrim Polres Palas, AKP. Aman putra banggunsyah SH, mengatakan, kami kepolisian telah menerima laporannya melalui Polsek Barumun tengah dan telah di lakukan gelar perkara di Mapolres Palas. 

Namun, dikatakan Kasat Reskrim Polres Palas AKP Aman Putra Bangunsyah, SH, lebih lanjut mengatakan, Kita harus bersabar dulu karena laporan tersebut belum dapat kami tetapkan sebagai tersangka karena saksi korban belum lengkap.

"Jadi kami dari kepolisian berharap dari pihak korban sebagi pelapor agar menambahkan saksi dan bukti bukti lain agar proses hukum terkait permasalahan ini cepat dapat kita lanjutkan', kata kasat Reskrim Polres Palas.

Sementara itu, dikesempatan sama Patuan Daerah Wilayat Aek Nabara Barumun, Gelar Daulat Tongku Sutan Alam Syah Hasibuan, juga turut berharap dan geram kepada PAM Swakarsa PT.SSL mengakatakan, saya sangat mendukung langkah langkah kepolisian dalam pengamanan di kejadian ini.

Namun, saya sangat kecewa dan geram melihat kelakuan PAM yang di angkat PT. SSL ini, sampai hatinya mereka melakukan kekejaman ini pada saudara mereka, sesama suku Batak di Tapanuli ini. Dan saya kenal benar pada kalian semua, apabial ini terjadi lagi saya kenal dan tau siapa kalian ', ujar Patuan dengan nada kesal.

Setelah Wakapolres dan kasat reskrim serta Patuan Aek Nabara menyampaikan tentang harapan, himbauan kepada masyarakat dan onggota PBB. Anggota PBB, DPD Labuhan Batu Selatan (LABUSEL) berharap agar kejadian ini jangan sampai terulang lagi kepada anggota yang lain, kalau hal seperti ini terulang lagi, kami akan datang lebih banyak massa dari hari ini, kami tidak tega melihat saudara kami di buat begini, dan kami taat hukum dan cinta persaudaraan, NKRI bagi kami adalah harga mati.' Ujarnya.

Di tambahkannya,' Dan kami sangat kecewa dengan pihak pimpinan perusahaan PT. SSL ini yang tidak mau hadir dan bertanggung jawab atas kelakuan yang mereka lakukan kepada saudara Miduk Situmorang dan Dewi boru Sihotang tampa ada rasa kemanusiaan dan hati nurani, manusian di buat seperti binatang',ujar DPD. PBB Labusel di yang diamini oleh anggota PBB DPD lainnya.

Pantauan kami dilapangan, situasi begitu kondusif dan terkendali sesuai harapan dan himbauan Wakapolres JW Sijabat. (WD41).

Komentar Anda

Berita Terkini