NBT


Gelapkan Setoran Nasabah di PT FIF Pos Sibuhuan, GN Ditangkap Satreskrim Polres Palas

HARIAN9 author photo


PALAS| H9
Satuan Reserse Kriminal (Satreskim) Kepolisian Resort (Polres) Padang Lawas (Palas) menangkap seorang pria yang diduga sebagai pelaku penggelapan dalam jabatan yang terjadi di PT. FIF Group Cabang Padang Sidimpuan, dikantor Anak Cabang Pos Sibuhuan, kabupaten Palas.

“Kami tangkap pelaku berdasarkan laporan dari korban  berinisial CAM, (30), 
Yang berprofesi sebagai Karyawan Swasta, merupakan warga Dari Dusun I Karang Anyer, Kecamatan Aek Kuo, Kabupaten Labuhan Batu Utara, yang masuk ke Polres Palas, dengan Laporan Polisi No. Pol : LP/B/27/III/2020/SU/PALAS/SPKT, tanggal 27 Maret 2021. Dan SURAT PERINTAH PENANGKAPAN No. Pol : SP.Kap/100/X/2021/Reskrim, tanggal 09 Oktober 2021” ucap Kapolres Palas, AKBP Indra Yanitra Irawan, S.I.K., M.Si, melalui Kasat Reskrim Palres Palas, AKP Aman Putra Bangunsyah, SH., Minggu (10/10/2021) malam.

Dikatakan Kasat Reskrim Polres Palas, pelaku yang diketahui berinisial GN (31) tersebut ditangkap ditempat Kediamannya di Desa Janji Matogu, Kecamatan Lubuk Barumun, Kabupaten Palas, Provinsi Sumatera Utara (Sumut), pada sabtu (09/10/2021) sekira pukul 19.45 Wib. 

Personil Satreskrim Polres Padang Lawas melihat Keberadaan Tersangka Kasus Tindak Pidana "Penggelapan dalam jabatan" sedang berada di dalam rumahnya, kemudian Personil Satreskrim Dpp Kanit 1 Satreskrim Ipda A. Bani S SH dan Ipda BC. Nasution, SH beserta Anggota Sat Reskrim melakukan penangkapan terhadap Tersangka di Desa Janji Matogu, Kecamatan Lubuk Barumun, Kabupaten Padang Lawas dan selanjutnya tersangka di bawa ke Polres Padang Lawas untuk dilakukan penyidikan.

Pelaku, GN Dari hasil pemeriksaan menerangkan bahwa cara melakukan penggelapan adalah dengan cara menerima angsuran nasabah secara bertahap, kemudian memasukkan ke data sistem Perusahaan, namun uang angsuran tidak disetorkan tapi digunakannya untuk keperluan sehari-hari.

"Hal tersebut dilakukannya mulai dari Tahun 2019 s/d tahun 2020". Ujar Kasat Reskrim Palres Palas, AKP Aman Putra Bangunsyah, SH., 

Warga Desa Janji Matogu, Kecamatan Lubuk Barumun, Kabupaten Palas itu melakukan penggelapan uang angsuran milik nasabah diduga dengan cara menerima angsuran secara bertahap, dan tidak disetorkan.

Lebih lanjut Kasat Reskrim Palres Palas, AKP Aman Putra Bangunsyah, SH., juga menjelaskan kejadiannya,  Pada hari Senin, (02/03/2020), Team Audit PT. FIF Group Cabang Padang Sidimpuan melakukan pemeriksaan di kantor anak cabang PT. FIF Pos Sibuhuan. 

Dari hasil pemeriksaan team audit PT. FIF tersebut Ditemukan pada data sistem Perusahaan yang dimasukkan dengan ID dan Password CHASIER atas nama tersangka GN sebanyak Rp.120.981.000,-  angsuran nasabah yang sudah dibayar, tanpa ada fisik uang yg disetorkan. Kata Kasat Reskrim Palres Palas, AKP Aman Putra Bangunsyah, SH., 

Atas perbuatannya itu PT FIF Cabang Padang Sidimpuan Kantor cabang Anak Pos Sibuhuan, mengalami kerugian sebesar Rp 120. 981.000.

“Pelaku GN sebagai tersangka dan dilakukan penahanan guna pemeriksaan dan proses hukum lebih lanjut,” sebut Kasat Reskrim Palres Palas, AKP Aman Putra Bangunsyah, SH.

“Selain itu, juga tengah mendalami kemungkinan adanya keterlibatan pihak lain dalam perkara tersebut” tambah Kasat Reskrim Palres Palas.

Berdasarkan hasil penyidikan sementara tersangka GN dijerat Pasa374 KUHPidana dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara. Pungkas Kasat Reskrim Palres Palas, AKP Aman Putra Bangunsyah, SH. (WD41)
Komentar Anda

Berita Terkini