Kunker Komisi X DPR RI, Bupati Sergai Harapkan Sinergitas Bangun Pendidikan dan Budaya

HARIAN9 author photo

 


SERDANG BEDAGAI | H9

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H Darma Wijaya menerima Kunjungan Kerja (Kunker) Komisi X DPR-RI pada reses masa persidangan I Tahun Sidang 2021-2022 mulai tanggal 8-12 Oktober 2021, bertempat di objek wisata Pantai Pondok Permai, Pantai Cermin, Jumat (8/10/2021).

Bupati Sergai H Darma Wijaya dalam sambutannya menyampaikan kunjungan ini semoga dapat dimanfaatkan untuk mendongkrak pencapaian target-target pembangunan di Kabupaten Sergai. Untuk itu atas nama Pemkab, Bupati mengucapkan selamat datang di Kabupaten Sergai “Tanah Bertuah Negeri Beradat” kepada para rombongan komisi X DPR RI sekaligus mengucapkan terima kasih telah berkenan hadir di kabupaten ini untuk mendukung percepatan pembangunan di daerah kami ini.

“Seperti yang kita saksikan bersama di video Selayang Pandang tadi, luasan lahan di kabupaten Sergai terdiri dari beberapa bidang kelolaan seperti perkebunan, yang terdiri dari kelapa sawit, ada juga perkebunan karet dan kakao. Sekarang ubi kayu pun sudah mulai banyak dilirik untuk dikembangkan di sini,” papar Bupati, sambil menambahkan jika fakta Sergai menjadi daerah dengan sumber daya perkebunan yang melimpah, menjadikan sektor tersebut tidak terlalu berdampak secara ekonomi dengan adanya pandemi Covid-19, dikarenakan harga produksi perkebunan seperti sawit dan ubi, cenderung naik.

Selain itu, potensi pariwisata di Sergai juga menjanjikan dengan objek wisata pantai yang melewati 5 kecamatan, ditambah dengan adanya Pulau Berhala yang merupakan salah satu pulau terluar dan objek wisata arung jeram.

Pria yang akrab disapa Bang Wiwiek ini kemudian menjelaskan, dalam melaksanakan pembangunan Kabupaten Sergai memiliki visi mewujudkan Kabupaten Sergai yang “Maju Terus”; Mandiri, Sejahtera, dan Religius. Untuk mencapai visi tersebut, sebutnya, Pemkab Sergai telah menetapkan beberapa program yang disebut dengan “Sapta Dambaan” atau “7 target” yakni Sekolah Mandiri, Terampil, Asri dan Berkualitas (MANTAB), Masyarakat Sehat dan Religius, Pertanian Berkelanjutan, Infrastruktur Terintegrasi, Ekonomi Berdaya Saing, Wisata Maju Terus dan Birokrasi Dambaan.

“Namun dengan keterbatasan APBD Kabupaten Sergai untuk mewujudkan Sapta Dambaan, menjadi tantangan tersendiri bagi kami, ditambah tantangan pandemi Covid-19 yang belum berakhir. Akan tetapi, kami tetap optimis dan akan maju terus untuk menuntaskan visi dan misi yang sudah ditetpkan, dengan berharap semoga pandemi ini segera berlalu,” tegas Bupati.

Dalam kesempatan ini, Darma Wijaya mengatakan jika Pemkab Sergai sangat berharap dukungan dari pemerintah provinsi dan terutama pada pemerintah pusat, melalui anggota DPR RI yang hadir pada hari ini, sesuai dengan bidang kerja komisi X.

“Ada beberapa hal yang dapat kami sampaikan, pertama di bidang pendidikan, masalah pendidikan menjadi salah satu program prioritas, kemudian di bidang budaya dan pembangunan infrastruktur guna mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat. Kami berharap Pemkab Sergai dapat bahu-membahu dan disertai dukungan dari pemerintah provinsi dan Pemerintah Pusat, yang dalam hal ini kepada Komisi X DPR-RI, yang sudah berkenan hadir di Kabupaten kami,” tuturnya.

Sementara itu Ketua Kunker Komisi X DPR-RI Agustina Wilujeng Pramestuti, SS, MM, dalam sambutannya menyampaikan jika komisinya ini memiliki lingkup tugas di bidang pendidikan dan kebudayaan, pariwisata, ekonomi kreatif, pemuda dan olahraga, dan perpustakaan, yang bermitra dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek RI), Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Beparekraf RI), Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora RI), serta Perpustakaan Nasional (Perpusnas RI).

“Hari ini kami sudah mendapatkan masukan dari program-program tersebut sesuai dengan kondisi yang ada di Kabupaten Sergai. Kami juga ingin mendapatkan masukan dari bidang kebudayaan pariwisata dan ekonomi kreatif. Dapat saya sampaikan, bahwa pandemi Covid-19 telah meluluhlantakkan kegiatan pariwisata dan ekonomi kreatif,” ucapnya.

Untuk itu, dirinya mengajak semua elemen untuk bergandengan tangan tanpa melihat perbedaan demi satu tujuan yaitu dapat bangkit dan berdiri, terutama di bidang, pendidikan, pariwisata dan ekonomi kreatif, akan kembali menjadi unggulan untuk menjamin kesejahteraan masyarakat republik Indonesia.

Dirinya juga menyampaikan, semboyan Kabupaten Sergai yaitu “Tanah Bertuah Negeri Beradat”, dimaknai secara mendalam olehnya.

“Saya melihat berbagai potensi pariwisata dan pertanian ke depan akan menjadi jaminan bagi kesejahteraan masyarakat Sergai di bawah pimpinan Pak Bupati Darma Wijaya yang kita cintai bersama,” katanya.

Dalam kesempatan ini, 3 OPD yaitu Dinas Pendidikan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan serta Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Budaya, mendapat kesempatan untuk menyampaikan paparan terkait kondisi riil bidang masing-masing beserta aspek yang perlu mendapat perhatian dari pemerintah pusat.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan meninjau sekolah Satu Atap yang berdiri di Desa Naga Kisar Kecamatan Pantai Cermin Kabupaten Sergai.

Hadir juga dalam kegiatan ini di antaranya Sofyan Tan (PDIP/Sumut I), Putra Nababan (PDIP/DKI I), Muhammad Nur Purnamasidi (Golkar/Jatim IV), Ali Zamroni (Gerindra/Banten I), Himmatul Aliyah (Gerindra/DKI II), Johar Arifin (Gerindra/Sumut III), selanjutnya Ratih Megasari Singkarru (Nasdem/Sulawesi Barat), Muhammad Kadafi (PKB/Lampung I). Bramantyo Suwondo (Demokrat/Jawa Tengah/VI), Ledia Hanifa (PKS/Jawa Barat I), Fahmi Alaydroes (PKS Jawab Barat V), Dewi Coryati (PAN/Bengkulu), Desi Ratnasari (PAN/Jawa Barat IV) dan Illiza Saaduddin Djamal (PPP/Aceh I). Kemudian hadir juga unsur Forkopimda Kabupaten Sergai, para Kepala OPD, tokoh masyarakat, dan perwakilan instansi terkait.(WD023) 

Komentar Anda

Berita Terkini