NBT


Pangdam I / BB Lepas Personil Pamtas RI-PNG Yonif 123 /Rajawali

HARIAN9 author photo

 

PADANGSIDIMPUAN| H9
Panglima Daerah Militer (Pangdam) I /  Bukit Barisan Mayjen TNI Hassanuddin, SIP, MM, pimpin upacara pengantaran prajurit Satuan Tugas (Satgas) Pengamanan Perbatasan (Pamtas) RI-PNG Yonif 123/Rajawali ke wilayah  Papua Sektor Selatan, bertempat di lapangan Mako Yonif 123/Rajawali Kota Padangsidimpuan, belum lama ini.

Dalam pelepasan prajurit tersebut dihadiri Danrem 023/Kawal Samudera 
Kolonel (Inf) Febriel Buyung Sikumbang, para Asisten Kasdam I/BB, Para Komandan/Kabalakrem 023/Kawal Samudera, Dandim 0212/Tapsel Letkol Inf. Rooy Chandra Sihombing, SIP, Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution, SH, para Bupati se-Tabagsel, Kapolres se-Tabagsel, Kajari se-Tabagsel dan Organisasi Masyarakat dan Kepemudaan.

Pangdam I/Bukit Barisan Mayjen TNI Hassanuddin, SIP, MM dalam amanatnya menyampaikan situasi terakhir keamanan di wilayah Papua, masih sering terjadi aksi dari kelompok bersejata yang ingin memisahkan diri dari NKRI. Ini bukanlah tugas yang ringan namun akan menjadi ringan apabila Satgas Yonif 123/Rajawali melaksanakannya dengan tulus, ikhlas dan penuh rasa tanggungjawab. 

“ Tunjukkan jati diri TNI sebagai Tentara Rakyat, Tentara Pejuang, Tentara Nasional dan Tentara Profesional, dengan tetap sabar dan waspada, namun tegas dalam bertindak. Jangan terpancing oleh provokasi yang negatif. setiap prajurit harus mampu menjaga kehormatan satuan, kehormatan Kodam I/Bukit Barisan, kehormatan TNI AD, sekaligus menjaga keutuhan serta kedaulatan NKRI, " tegas Pangdam.

Usai acara pelepasan prajurit, Dandim 0212/Tapsel Letkol Inf. Rooy Chandra Sihombing, SIP, menyebutkan, Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 123/Rajawali akan melaksanakan tugas operasi perbatasan RI-PNG Sektor Selatan. 

Dikatakannya, melaksanakan suatu tugas operasi merupakan suatu kehormatan dan kebanggaan bagi setiap prajurit dan satuan, terlebih apabila satuan itu berhasil mengemban dan menjalankan tugas-tugas yang diamanahkan negara kepadanya, karena hal ini tidak saja akan berdampak positif terhadap upaya menjaga keutuhan wilayah NKRI, namun, akan menumbuhkan kepercayaan rakyat terhadap kredibilitas TNI sebagai Institusi pertahanan negara yang selalu setia menjaga kedaulatan dan keutuhan wilayah NKRI. 

“ Jangan ragu, tetap semangat dan selalu waspada. Kendalikan diri, berbuat yang terbaik, semoga Tuhan YME selalu memberikan petunjuk, kekuatan dan lindungan-NYA kepada kita semua, " ucap Dandim (WD.014)

Komentar Anda

Berita Terkini