NBT


Pemda Aceh Tamiang Gelar Bimtek Bagi Pelaku Usaha

HARIAN9 author photo

 

ACEH TAMIANG l H9
Guna meningkatkan pemahaman dan pengetahuan pelaku usaha tentang OSS-RBA (Online Single Submission - Risk Based Aproach), Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) menyelenggarakan Bimbingan Teknis dan Sosialisasi Kemudahan Berusaha dalam Penyampaian Laporan Kegiatan Penanaman Modal Tahun 2021. Kegiatan berlangsung di Aula Hotel Grand Arya, Rabu (13/10/2021).

Dalam kesempatan tersebut, Sekretaris Daerah Drs. Asra menuturkan, sejauh ini pelayanan perizinan dan non-perizinan usaha telah dilaksanakan secara terpadu. Melalui Sistem OSS-RBA, pelaku usaha diuntungkan dengan kemudahan dan cepatnya proses pelayanan perizinan dan non-perizinan. Sistem tersebut sudah terintegrasi secara elektronik di Kementerian Investasi/BKPM dan Aplikasi ‘SiCantik Cloud’ dari Kementerian Komunikasi dan Informatika,"jelasnya.

Asra menambahkan, DPMPTSP telah mengeluarkan lebih dari 2000 keterangan usaha kurun waktu dua tahun ini. Tahun 2020 telah dikeluarkan 1.231 perizinan dan non perizinan usaha. Sedangkan tahun 2021 sampai dengan bulan September sejumlah 1.180 perizinan dan non-perizinan usaha,"terangnya.

"Hadirnya kedua aplikasi tersebut sangat mendukung pemilik usaha dalam legalitas usahanya. Dengan demikian pemilik usaha cukup mudah mengakses modal kerja ke lembaga perbankan dan juga mudah melakukan pemasaran produksi. 

“Harapan kami, kepada para peserta bimtek kali ini, kiranya dapat memahami proses pengurusan izin usaha melalui Sistem OSS-RBA (Online Single Submission - Risk Based Aproach) dan juga yang terpenting dapat memahami Sistem LKPM (Laporan Kegiatan Penanaman Modal) online, karena setiap pelaku usaha berkewajiban melaporkan kegiatan usahanya secara rutin dan tepat waktu,"tegas Asra. 

Kesempatan yang sama, Kepala DPMPTSP Fauziati menyampaikan, kegiatan kali ini mengusung tema “Melalui kegiatan Bimtek OSS-RBA dan LKPM Online kita tingkatkan legalitas usaha dan realisasi investasi di Kabupaten Aceh Tamiang,"terangnya.

"Selain untuk meningkatkan pemahaman kepada pelaku usaha tentang layanan OSS-RBA,  bimtek ini juga bertujuan untuk meningkatkan pemahaman tentang penyampaian LKPM secara online.

“Bimtek akan di selenggarakan dalam dua gelombang, dengan jumlah peserta 108 orang. Gelombang pertama  dilaksanakan pada 13 sampai dengan 14 Oktober 2021, sementara gelombang kedua akan dilaksanakan awal November mendatang. 

Fauziati menambahkan, kami berharap agar para peserta bimtek dapat serius mengikuti kegiatan ini. Sehingga narasumber yang hadir memberikan ilmunya tidak menjadi sia-sia. Resapi dan pahamilah apa yang disampaikan, agar para peserta sekalian dapat memahami sistem LKPM ini,”harapnya. (WD-013). 
Komentar Anda

Berita Terkini