NBT


Terkait Pekan Lelo Firdaus, Ketua KOMDA UKM Sergai Meminta Pedagang Untuk Berpikir Positif

HARIAN9 author photo

 

SERDANG BEDAGAI | H9

Menyikapi permasalahan pedagang di Pekan Lelo Firdaus tepatnya di Dusun 10 Desa Firdaus Kecamatan Sei Rampah. Ketua Komite Daerah (KOMDA) Usaha Kecil Menengah (UKM) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) Budi Sumalim SE angkat bicara terkait permasalahan tersebut. 

Untuk menyelesaikan permasalahan ini, Budi Sumalim pun meminta kepada para pedagang yang berjualan di Pekan Lelo tersebut untuk berpikir positif. 

"Kita harus berpikiran positif. Apa yang dilakukan oleh Pemerintah itu pasti tujuannya baik. Tidak ada Pemerintah yang mau menyengsarakan rakyatnya," ungkap Budi Sumalim di Sei Rampah, kamis (14/10/2021). 

Dilakukannya relokasi terhadap Pekan Lelo oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sergai tersebut, kata Budi Sumalim, sudah pasti bertujuan untuk kesejahteraan pedagang. Apalagi, di lokasi yang batu (Pasar Rakyat Sei Rampah) tersebut, semua pasilitas sudah dilengkapi oleh Pemerintah. 

Oleh karenanya, Ia pun mengajak para pedagang yang berjualan di Pekan Lelo tersebut untuk mendukung Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sergai. 

Salah satunya yakni, mendukung untuk di relokasi ke Pasar Rakyat Sei Rampah yang berlokasi di Dusun 1 Desa Sei Rampah Kecamatan Sei Rampah. 

"Lokasi di Pasar Rakyat Sei Rampah tersebut tempat juga strategis, para pedagang bisa berjualan dari pagi hingga sore, dan itu bisa dilakukan setiap hari," ucapnya. 

Sementara itu, Sekretaris Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Perindag) Kabupaten Sergai Roy CPS Pane kepada awak Media mengatakan, bahwa terkait kebijakan Pemerintah Daerah untuk merelokasi Pekan Lelo ke Pasar Rakyat Sei Rampah tersebut didasarkan atas niat baik Pemerintah untuk menata, membida dan memberdayakan para pedagang. 

Karena menurutnya, lokasi Pekan Lelo ini dianggap kurang layak dan terkesan kumuh, apalagi lokasinya juga berdekatan dengan Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum), sehingga nantinya bisa mengganggu kelancaran lalu lintas. 

"Itikat baik Pemerintah untuk merelokasi Pekan Lelo ke Pasar Rakyat Sei Rampah ini tentunya untuk memberikan kenyamanan, baik bagi pedagang sendiri maupun pembeli. Apalagi di Pasar Rakyat Sei Rampah tersebut, banyak fasilitas yang bisa dimanfaatkan seperti, toilet umum, tempat ibadah, tempat menyusui bagi ibu ibu yang mempunyai bayi serta lokasi parkir yang memadai,"ungkap Roy Pane. 

Lebih lanjut, disampaikan oleh Roy CPS Pane, bagi para pedagang yang mau direlokasi (pindah) ke Pasar Rakyat Sei Rampah tersebut, Pemkab Sergai tidak akan mengutip biaya sepeser pun. 

" Selain itu, sesuai arahan Pak Bupati, kami dari Disperindag juga akan menyiapkan terpal sebagai atap untuk berjualan. Ini sebagai langkah untuk memberi kenyamanan bagi para pedagang,"ujar si Roy.(WPU06) 






Komentar Anda

Berita Terkini