Badan Jalan di Desa Buluhawar Longsor Sepanjang 50 Meter

harian9 author photo

 

SIBOLANGIT| H9
Badan jalan di Desa Buluhawar, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deliserdang, putus sepanjang 50 meter dan amblas sedalam 20 meter, Sabtu (13/11/2021).

Selain badan jalan yang amblas, satu unit rumah milik warga bernama Kariadi juga ikut amblas rata dengan tanah. Namun beruntung, peristiwa tersebut tidak ada menelan korban jiwa.

Kepala Desa Buluhawar Obet Bukit mengatakan sebelum rumah Kariadi amblas, penghuninya sudah mengosongkan rumah tersebut.

"Jalan desa putus 50 meter dan amblas sedalam kurang lebih 20 meter. Rumah Kariadi itu pun amblas, tidak ada korban jiwa karena rumah sudah dikosongkan," katanya, senin (15/11/21).

Ia mengatakan rumah dan badan jalan yang amblas itu tidak terjadi secara seketika, namun tanahnya terkikis perlahan-lahan karena adanya mata air dan aliran anak sungai.

"Di bawah badan jalan ada aliran anak sungai Lau Embang Naga yang terletak di Dusun III, sedangkan di bawah rumah Kariadi ada mata air. Jadi, mata air yang dari rumah Kariadi mengalir ke sungai yang ada di bawah badan jalan itu," ujarnya.

Ia mengatakan kejadian tanah terkikis terjadi dari Jumat, 12 November 2021, hingga amblas sekarang ini. Pihaknya sudah lama mengetahui adanya mata air di rumah warganya, namun tidak pernah sama sekali mengalami kejadian seperti ini.

Selain itu, ditambah lagi hujan tiga hari berturut-turut mengguyur desa wisata rohani tersebut. Atas kejadian tersebut, pihaknya membuat tanda portal agar masyarakat tidak mendekati lokasi yang amblas.

"Kita sudah melapor ke kecamatan. Pihak kecamatan dan BPBD Deliserdang akan turun untuk meninjau lokasi," ujarnya. (WM021)
Komentar Anda

Berita Terkini