Banjir di Sergai, BPBD Terus Update Ketinggian Air dan Dirikan Posko

HARIAN9 author photo

 

SERDANG BEDAGAI | H9

Hujan yang melanda Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) beberapa hari ini menyebabkan beberapa Desa di Kecamatan Sei Rampah mengalami banjir. Ada 5 Desa di Kecamatan Sei Rampah yang terdampak banjir yakni Desa Sei Rejo, Sei Rampah, Cempedak Lobang, Firdaus dan Desa Pematang Ganjang. 

Kepada sejumlah wartawan di Sei Rampah, rabu (3/11/2021), Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sergai Henry Suharto mengatakan, ada sebanyak 2010 Kepala Keluarga (KK) yang berdampak banjir di lima desa tersebut. Sejauh ini, Pemkab Sergai bekerjasama dengan Polres Sergai dan Kodim 0204/DS terus memantau perkembangan banjir. 

"Setiap jam, kita (BPBD) terus update ketinggian air dilokasi banjir. Saat ini, kondisi air di 4 Desa ini meninggi hingga 30 cm sampai 80 cm. Banjir ini, tidak hanya diakibatkan hujan saja, namun banjir kiriman dari wilayah gunung," ungkapnya. 

Untuk mengantisipasi dampak banjir yang lebih besar, pihak BPBD juga telah mendirikan tiga posko dilokasi banjir serta perahu karet yang terus memantau perkembangan warga. 

"Kita juga menghimbau kepada masyarakat, jika hendak dievakusi dapat melaporkan ke posko yang sudah di siapkan oleh BPBD," ucapnya. 

Untuk saat ini, ungkap Henry Suharto, ada beberapa KK yang berdampak banjir di lima desa tersebut, juga sudah mengungsi ke rumah tetangga dan di posko pengungsian yang telah di siapkan oleh Pemkab Sergai.

"Selain tenda pengungsian, Pemkab Sergai juga mendirikan posko kesehatan dari Dinkes Sergai. Hal ini bertujuan untuk memberikan pelayanan kesehatan bagi warga terdampak banjir," pungkasnya. 

Sementara itu, Kapolres Sergai AKBP. Robin Simatupang mengatakan bahwa pihak nya juga telah menurunkan personil untuk siaga di lokasi banjir. Tidak hanya itu, pihak polres juga telah membuat posko untuk memantau banjir dan menurunkan perahu karet serta alat pertolongan korban banjir.(WPU06)


Komentar Anda

Berita Terkini