BLT-DD Desa Janji Matogu Disalurkan, Prioritas untuk Lansia dan Anak Yatim Piatu

harian9 author photo

 

PALAS | H9
Pemerintah Desa (Pemdes) Janji Matogu, Kecamatan Lubuk Barumun, Kabupaten Padang Lawas (Palas), Provinsi Sumatera Utara (Sumut),  menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) di aula kantor desa setempat, Kamis (04/11/2021). Penyaluran kali ini diprioritaskan kepada 43 orang yang terdiri dari orang tua lanjut usia (Lansia) sebanyak 36 orang dan anak yatim piatu sebanyak 7 orang.

PLT Kepala Desa Janji Matogu Ramli Hasibuan menjelaskan, bantuan ini merupakan bantuan dari pemerintah untuk meringankan beban masyarakat di tengah pandemi virus corona.

“Bantuan kali ini diprioritaskan kepada lansia dan anak yatim piatu yang juga ikut terdampak akibat pandemi virus corona atau Covid-19,” katanya.

Kades mengatakan, bantuan tersebut bersumber dari Dana Desa yang diperuntukan bagi 36 PKM Lansia dengan besaran masing-masing senilai Rp 200 ribu, dan 7 orang PKM Anak yatim piatu dengan besaran masing masing Rp. 100.000, ribu, mereka bukan merupakan peserta penerima PKH, BPNT, BST serta bukan Pensiunan PNS, Polri dan TNI. 

“Bantuan ini kami khususkan untuk membantu anak yatim piatu dan orang tua lanjut usia (Lansia) yang tidak mampu. Semoga bantuan ini dapat digunakan dengan baik dan meringankan beban di tengah pandemi virus corona ,” jelasnya.

Selain itu dilanjut Kades menambahkan penyaluran BLT-DD Tahun 2021 tersebut merupakan bentuk tanggung jawab Pemerintah Desa yang mengacu pada Peraturan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2020 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2020.

“Dengan penyaluran BLT-DD ini merupakan bentuk tanggung jawab pemerintah dan sebagai jaminan pengaman sosial bagi masyarakat yang terdampak akibat pandemi virua corona. Semoga bisa bermanfaat,” harapnya.

Penyaluran bantuan ini turut dihadiri, Sekretaris dan perangkat Desa Janji Matogu, BPD dan Anggota,dan masyarakat penerima manfaat pungkas Kades Janji Matogu Ramli Hasibuan.

Sementara itu, seorang ibu lansia Siti Maria Siregar,  mewakili lainnya mengungkapkan, kami ucapkan dan sangat bertrimakasih atas bantuan yang telah kami terima ini, dimana pemerintah masih memperhatikan kami para lansia dan anak yatim piatu. Bantuan yang telah kami terima ini, sangat berguna untuk keperluan sehari hari kami di dapur, sebut salah satu perwakilan lansia yang diamini lansia dan anak yatim lainnya.(WD41)

Komentar Anda

Berita Terkini