Kapolda Sumut Pantau Pelaksanaan Vaksinasi Massal Untuk Pelajar dan Lansia di Tapsel

harian9 author photo

 

TAPSEL| H9
Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sumatera Utara (Sumut) Irjen Pol Drs. RZ Panca Putra Simanjuntak, M.Si, memantau langsung pelaksanaan vaksinasi massal dengan sasaran pelajar, warga Lanjut Usia (Lansia) dan masyarakat Desa Kilang Papan, di Sekolah Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) di Dusun Dano Situmba Desa Kilang Papan Kecamatan Sipirok Kabupaten Tapsel, belum lama ini.

 Kegiatan vaksinasi dengan tetap mematuhi Protokol Kesehatan (Prokes), dimulai pukul 08.00 Wib sampai pukul 16.00 Wib diikuti 828 orang peserta dengan jumlah vaksin sebanyak 83 vial jenis Sinovac dan Astrazeneàca dengan rincian, jumlah yang divaksin jenis Sinovak sebanyak 598 orang dengan jumlah vaksin sebanyak 60 vial, terdiri dari, peserta pelajar MAN Tapsel sebanyak 517 orang dengan dosis I 517 orang dan dosis II nihil.

 Kemudian peserta Lansia sebanyak 27 orang, terdiri dari dosis I 26 orang dan dosis II 1 orang, Pelayan Publik 54 orang terdiri dari dosis I 49 orang dan dosis II 5 orang. Sementara jumlah yang divaksin jenis Astrazeneca sebanyak 230 orang dengan jumlah vaksin sebanyak 23 vial, yakni peserta dari Pelayan Publik 230 orang terdiri dari dosis I 230 orang dan dosis II nihil.

 Untuk kelancaran proses vaksinasi, Polri melalui Polres Tapsel, bekerjasama dengan Pemkab Tapsel, IDI, RSUD Sipirok, Puskesmas dan Dinas Kesehatan Tapsel, melibatkan 41 orang vaksinator yang dibagi dalam 6 tim, dengan rangkaian kegiatan vaksinasi mulai dari pendaftaran dan pengisian data sesuai KTP peserta, pengecekan suhu tubuh dan tensi, screning dan konsultasi dengan pihak medis sebelum di vaksin, penyuntikan vaksin Covid - 19 jenis Sinovac dan Astrazeneka, observasi selama 15 menit, registrasi melalui aplikasi peduli lindungi dan pencetakan kartu vaksin.

 Dalam kesempatan itu, Kapoldasu Irjen Pol Drs. RZ Panca Putra Simanjuntak, M.Si,  dengan penuh kegembiraan dan kompak menemui para tenaga vaksinator, pelajar, masyarakat dan berkomunikasi sambil mengatakan vaksinasi tersebut sangat perlu dalam mengantisipasi penyebaran Covid-19.

 Kapoldasu juga menyampaikan kepada Bupati Tapsel diwakili Sekdakab Drs. Parulian Nasution, MM dan Kadis Kesehatan Tapsel Dr. Sri Khairunnisa agar mendata warga yang belum di vaksin agar divaksin.

 “ Kita jangan bosan mengjimbau masyarakat agar divaksin dan saya minta kepada masyarakat agar tidak segan segan meminta kepada Pemda, Kepolisian dan TNI bila masih ada belum divaksin untuk segera mendaftar untuk di vaksin, “ ujar Jenderal Bintang Dua tersebut. (WD.014)

Komentar Anda

Berita Terkini