Kepengurusan GOPTKI Sergai di Lantik, Bupati Berharap Dapat Memajukan dan Mengembangkan Pendidikan Anak Usia Dini

HARIAN9 author photo

 

SERDANG BEDAGAI | H9
Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H Darma Wijaya melantik Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Gabungan Organisasi Penyelenggara Taman Kanak-Kanak Indonesia (GOPTKI) Sergai masa bakti tahun 2021-2026 di aula Sultan Serdang, Kamis (25/11/2021).

Dalam sambutannya, Bupati Darma Wijaya mengucapkan selamat kepada para pengurus GOPTKI yang dilantik dan mengharapkan organisasi ini bisa memajukan dan mengembangkan pendidikan anak usia dini.

"Selamat kepada pengurus yang dilantik, dan semoga bisa memajukan pendidikan anak usia dini khususnya di Sergai,"ungkapnya.

Bupati pun berpesan agar para pengurus tetap kokoh menjalankan tugas mengingat pentingnya peran pendidikan anak sejak dini demi perkembangan dan masa depan anak bangsa.

"Sampai dunia Internasionalpun telah berkomitment melalui convention on the right of child 1989  dalam deklarasi dakkar 2000 demi terwujudnya pendidikan untuk semua dan A world fit for children 2002 yang bertujuan untuk menciptakan dunia yang layak bagi anak. Itu semua sebagai komitmen untuk memberikan perlindungan, penghargaan dan pemenuhan hak hak dasar anak,"tambahnya.

Disampaikan Bupati,bahwa Pemkab Sergai terus berupaya memenuhi hak anak dengan membangun TK dan Sekolah Dasar disetiap kecamatan, penyediaan sarana prasaran PAUD, penyediaan dan pelatihan para pendidik anak usia dini serta pengalokasian anggaran guru demi mendukungnya pendidikan anak usia dini.

"Begitu juga dengan proses perkembangan anak sejak dini harus terus di kontrol dan diawasi baik oleh orang tua, sekolah dan lingkungn sekitar sehingga kedepan masa depan anak sebagai penerus bangsa dapat terjamin,"tandasnya.

Sementara itu, Ketua GOPTKI Sergai Ny. Aini Zetara Adlin Tambunan mengatakan organisasi GOPTKI dan Pokja Bunda Paud ini memiliki peran sebagai pemersatu bagi setiap organisasi, yayasan dan lembaga pendidikan anak usia dini agar tetap memiliki kesatuan visi dan misi dalam penyiapan generasi yang handal.

"Dalam melakukan penguatan organisasi untuk menjadikan pendidikan anak usia dini yang kebih berkualitas, diharapkan koordinasi yang baik dengan Pemerintah daerah mauoun organisasi lainnya. Demi mendukung tujuan program pengembangan kualitas pendidikan anak sejak dini,"jelasnya.

Pertumbuhan anak yang baik tidak hanya fisik, tetapi juga mental dan intelektual. Dimasa anak-anak, pertumbuhan otak dan organ penting lainnya sangat dibutuhkan sebagai pusat kontrol berfikir, emosi dan tingkah laku anak.

"Sehubungan dengan program pemerintah dalam pencegahan stunting, maka GOPTKI dan Pokja Bunda Paud juga dapat berperan aktif dalam pencegahannya.

"Seluruh proses pertumbuhan anak ini haruslah dipahami oleh para pendidik dan pengelola Taman Kanak-Kanak khususnya di Kabupaten Serdang Bedagai sehingga kedepan pendidikan pra sekolah memiliki peran dan arti penting bagi masyarakat,"tandasnya.

Turut hadir dalam pelantikan Ketua TP PKK yang juga Penasehat GOPTKI Sergai Ny. Rosmaida Darma Wijaya, Ketua Darma Wanita yang juga Wakil Ketua GOPTKI Ny. Uke Retno Faisal Hasrimy, Staf Ahli Buoati dr. Bulan Simanungkalit, Kadis Sosial Arianto dan sejumlah pengurus GOPTKI Sergai.(WPU06)

Komentar Anda

Berita Terkini