Korem Baladhika Jaya Adakan Pembinaan Masyarakat Tanggap Bencana

harian9 author photo
 

MALANG| H9
Perubahan cuaca di Jawa Timur seakan membuat semua pihak untuk mengambil langkah tegas. Berbagai pembinaan, dan sosialiasi pun 
dilakukan dalam upaya penanggulangan terjadinya bencana alam.
        
Seperti yang dilakukan oleh pihak Korem 083/Baladhika Jaya kali ini. Rabu, 10 November 2021 siang.
        
Pgs Kasi Teritorial Korem 083/Baladhika Jaya, Mayor Inf Teguh Hery Wignyono menjelaskan, antisipasi terjadinya bencana alam, khususnya bencana yang diakibatkan oleh Hidrometeorologi membutuhkan peranan semua pihak.
        
Artinya, kata dia, masyarakat juga memiliki peranan penting dalam upaya penanggulanggan tersebut. “Program pembinaan masyarakat tanggap bencana, sebagai wujud kepedulian pimpinan TNI, untuk membantu menanggulangi bencana alam sesuai tugas TNI dalam operasi militer selain perang,” ujarnya.
        
Sementara itu, Kepala Penerangan Korem, Mayor Inf Prasetya, H. K, menambahkan terjadinya bencana, bisa disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya faktor alam dan non alam. “Termasuk diantaranya faktor manusia. Sehingga, mengakibatkan timbulnya korban jiwa, kerusakan lingkungan dan dampak psikologis,” bebernya.
        
Upaya koordinasi, evaluasi dan kesiapsiagaan dinilai penting untuk dilakukan sebagai tindakan pencegahan, hingga pengurangan resiko bencana pada daerah yang sudah dipetakan.        

“Hal ini dilakukan dalam upaya pengurangan resiko yang terjadi, khususnya bencana hidrometeorologi,” pungkasnya. 
Komentar Anda

Berita Terkini