Menteri Sosial Kunjungi Lokasi Longsor Di Desa Rumah Kinangkung

harian9 author photo

 

SIBOLANGIT| H9
Menteri Sosial Tri Rismaharini meninjau lokasi longsor di Dusun III, Desa Rumah Kinangkung, Deli Serdang, Sumatera Utara.Jumat (19/11/21). Longsor di Desa Rumah Kinangkung ini terjadi pada Kamis (11/11) pada pukul 23.00 WIB. Ada 15 unit rumah tertimbun material longsor dan satu warga yang dilaporkan tewas dalam peristiwa ini.

Pantauan wartawan dilokasi terlihat Ibu Risma harus lumpur-lumpuran untuk menuju lokasi yang dilanda longsor. Risma mulai datang ke lokasi pukul 07.30 WIB dan langsung mendatangi lokasi longsor untuk melihat kondisi lokasi longsor yang hampir merusak jalan lintas menuju desa. Risma juga melihat rumah-rumah yang hancur karena tertimpa material longsor.

Dilokasi longsor, Risma memberikan arahan kepada Wakil Bupati Deli Serdang hingga Kepala Desa setempat mengenai hal-hal yang harus dilakukan dan meminta perbaikan di sejumlah titik yang berada di lokasi longsor.

Setelah dari lokasi longsor, Risma kemudian mendatangi posko pengungsian yang berada tidak jauh dari lokasi longsor. Di posko ini terlihat sejumlah warga sudah menunggu kedatangan Risma.

Risma terlihat memberikan bantuan sembako hingga peralatan sekolah bagi warga yang mengungsi sembari berdialog dengan warga.

"Percayalah bahwa Tuhan tidak akan memberikan cobaan di luar kemampuan kita. Itu makanya ada ibu Ginting, pak Kades yang memberikan bantuan," kata Risma kepada warga.

Risma juga mengucapkan terimakasih kepada salah satu warga yang memberikan tempat menginap bagi warga korban pengungsian.

"Saya atas nama pemerintah dan warga, saya mengucapkan terimakasih kepada ibu, ibu bisa memberikan tempat," ujar Risma.

Di lokasi pengungsian ini Risma juga meminta agar warga tidak kembali ke rumahnya karena rawan akan terjadi longsor susulan. Dia berjanji memberikan bantuan tempat tinggal kepada warga yang terdampak longsor.

"Ini lokasi yang paling aman saat ini, bapak ibu disini dulu," ucap Risma ke warga.

Risma menyebut langkah yang akan dilakukan pertama sekali adalah menghindari longsor susulan. Khususnya mengantisipasi longsor yang bisa memutus jalan menuju desa.

"Yang pertama adalah tadi saya minta izin ke warga adalah mendorong untuk menjaga struktur jalan supaya tidak longsor. Kedua kita mengantisipasi longsor dengan mengeluarkan air agar tidak mengganggu struktur tanah," jelas Risma kepada wartawan.(WM021)
Komentar Anda

Berita Terkini