Menuntaskan Persoalan Air Bersih di Lingkungan Pesantren Tahfidz Bintang

harian9 author photo


 JAKARTA| H9
Pesantren Tahfidz Bintang Qur’an hadir untuk mendidik anak-anak dan mencetak tahfiz di Kampung Parung Sapi, Desa Kalong Sawah, Kecamatan Jasinga, Kabupaten Bogor. Pondok ini juga menanamkan pendidikan akhlak berlandaskan Al-Qur’an kepada para santri sejak usia dini.

“Para pengajar serta pengurus harian Pesantren Tahfidz Bintang Quran adalah relawan, sehingga bekerja secara sukarela. Selain menghafal Al-Qur’an dan mengaji kitab, mereka juga memberikan kegiatan santripreneur kepada para santri. Salah satu contohnya yakni bercocok tanam,” ujar Yhoko Kuncoro dari Tim Global Wakaf-ACT Bogor Barat.

Tetapi fasilitas dari pondok masih terbilang terbatas. Sebut saja tempat untuk belajar mereka, yang menggunakan aula dan ruang kelas dari TK milik orang tua pimpinan pondok. “Pesantren Tahfidz Bintang Qur’an masih dalam proses pembangunan. Namun, pembangunan saat ini sedang terhenti,” jelas Yhoko, Sabtu (20/11/2021).

Salah satu fasilitas yang saat ini menjadi prioritas juga yakni MCK khusus para santri. Karena keterbatasan, para santri menggunakan MCK dan sumur yang berada di rumah pengurus serta sekolah TK. Selain dimanfaatkan oleh para santri, beberapa warga juga menjadikan titik ini sebagai sumber air mereka selama musim kemarau.“Ketika musim kemarau, sumber air mengalami penurunan debit sehingga santri dan warga masih kesulitan air bersih,” kata Yhoko.

Untuk membantu persoalan ini, Global Wakaf-ACT membangun satu unit Sumur Wakaf untuk para santri dan warga di sekitar lingkungan pondok. Sumur Wakaf ini telah rampung dan dapat dimanfaatkan sejak pertengahan Juni lalu.

“Harapannya, fasilitas MCK yang layak dapat bermanfaat bagi aktivitas thaharah bagi santri, serta warga sekitar pesantren. Ada 41 santri dan sekitar 100 kepala keluarga yang kami perkirakan dapat memetik manfaat dari kehadiran Sumur Wakaf ini,” ucap Yhoko.

Rasa syukur pun datang dari warga sekitar lingkungan pesantren. Muhammad Azmi Handasah salah satunya, yang merasa dimudahkan dengan dibangunnya SUmur Wakaf. “Alhamdulillah, saya sangat bersyukur kepada Allah taala dengan adanya Sumur Wakaf dan MCK ini. Masalah kesulitan air sudah mulai teratasi. Terima kasih juga kepada wakif dan juga Lembaga Global Wakaf-ACT. Semoga Allah SWT membalas dengan balasan terbaik,” ucap Azmi.(PR-1)

Komentar Anda

Berita Terkini