Muslim, SHI, MM Bantu Petani dan Nelayan Aceh Tamiang

harian9 author photo

 

ACEH TAMIANG | H9
Sepuluh kelompok Usaha Bersama (KUB) Perikanan Kabupaten Aceh Tamiang mendapatkan bantuan alat penangkapan ikan dari Direktorat Kapal Perikanan dan Alat Penangkapan Ikan, Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Bantuan yang disalurkan tersebut merupakan aspirasi anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI dari Partai Demokrat (PD) Daerah Pemilihan (Dapil) Aceh II Muslim, SHI, MM dan merupakan anggota Komisi IV DPR-RI Fraksi Partai Demokrat. Penyerahan bantuan tersebut di Workshop UPTD Alat Berat Dinas PUPR Aceh Tamiang pada Senin (22/11/2021).

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Aceh Tamiang Mursil, SH, M.Kn menyampaikan, bantuan yang diberikan  bukan ini saja, tapi sudah banyak petani kita yang mendapat advokasi dan aspirasi yang disalurkannya lewat kementerian teknis,"jelasnya.

"Tahun ini para nelayan kita juga mendapatkan hal serupa dan kepada para anggota KUB Perikanan penerima manfaat supaya dapat memanfaatkan peralatan yang diberikan seoptimal mungkin,”ungkap Bupati. 

“Kita patut bersyukur, meski di tengah pandemi yang mengakibatkan keterbatasan kemampuan keuangan negara, nasib nelayan kecil tetap diperhatikan. Karenanya, para anggota KUB Perikanan yang menerima alat tangkap  harus bisa memanfaatkannya seoptimal mungkin. 

"Kepada tim teknis yang menyalurkan bantuan bersumber dari APBN KKP tahun anggaran 2021, diharapkan kementerian dapat membantu kapal-kapal penangkapan ikan berukuran medium dan besar. Selama ini para nelayan Aceh Tamiang hanya beroperasi di daerah laut dangkal atau pinggiran, karena kapal tangkap mereka berukuran kecil,"tegas Bupati. 

Kesempatan yang sama, Bima Priyo Nugroho selaku tim teknis KKP mengatakan, Pemerintah pusat pada prinsipnya selalu berupaya membantu para nelayan, pelaku utama dan pelaku usaha perikanan yang ada di seluruh nusantara,"jelasnya.

“Kami menyalurkan bantuan, guna mendukung usaha nelayan lokal dengan menggunakan alat tangkap ramah lingkungan. Harapannya  bisa membantu peningkatan hasil tangkapan, yang berujung peningkatan ekonomi dan kesejahteraan mereka,”ungkap Bima. 

Selanjutnya, Kepala Dinas Pangan, Kelautan dan Perikanan, Safuan,SP menyampaikan, 
masing-masing tiga KUB Perikanan penerima berasal dari Manyak Payed, Bendahara, dan Seruway. Sedangkan satu KUB Perikanan penerima manfaat berasal dari Kecamatan Banda Mulia,"jelasnya.

"Adapun peralatan penangkap ikan yang disalurkan  berjumlah total 226 unit alat tangkap, dengan rincian; Gillnet sebanyak 185 unit, Rawai Dasar sebanyak 6 unit dan Bubu Rajungan sebanyak 35 unit," terang Sapuan. (WD-013). 

Komentar Anda

Berita Terkini