Ormas dan LSM Diharapkan Jadi Mitra Pemerintah Dalam Pembangunan Daerah

harian9 author photo

 

TAPSEL| H9
Organisasi Masyarakat (Ormas) dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang merupakan bagian dari elemen masyarakat bawah naungan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) di Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) memiliki peran penting dalam keberhasilan pembangunan daerah.

Tentunya kehadiran Ormas dan LSM, bisa menjadi mitra strategis pemerintah daerah dalam pembangunan dan penyambung aspirasi masyarakat kepada pemerintah.

Hal itu disampaikan DR Drs. Ngalem Ginting, MM selaku narasumber dalam acara temu ramah Ormas dan LSM dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tapsel melalui Badan Kesbangpol Tapsel di aula Sitamiang Hotel Padangsidimpuan, Kamis (4/11/2021).

Acara yang dibuka Kepala Badan (Kaban) Kesbangpol Tapsel Hamdi S Pulungan, S.Sos, diwakili Sekretaris Azam Hasibuan, dihadiri 80 orang peserta dari kalangan Ormas dan LSM se Tapsel, serta menghadirkan dua narasumber masing-masing DR Drs. Ngalem Ginting, MM dari unsur Perguruan Tinggi dan dari unsur Polri, diwakili Kasat Intelkam Polres Tapsel AKP. Eldi Koswara.

Lebih lanjut Ngalem Ginting menjelaskan, antara Pemerintah dan LSM serta Ormas, ada koordinasi dan komunikasi yang baik sehingga dapat menyerap aspirasi dari masyarakat untuk pembangunan.

“ Sebagai mitra, peran serta LSM dan Ormas sangat dibutuhkan pemerintah untuk menciptakan kehidupan yang aman antar komponen masyarakat, sesuai dengan peraturan perundang-undangan, “ ujar nya.

Ia juga menegaskan, kehadiran Ormas dan LSM juga dapat berperan untuk memberdayakan masyarakat sesuai kapasitas organisasi yang bersangkutan, sehingga menjadi kekuatan sosial masyarakat dalam membantu pemerintah menyukseskan pembangunan disegala bidang dan akan tercipta kehidupan yang aman dalam interaksi antar komponen masyarakat.

“ Melalui Ormas dan LSM, masyarakat dapat menyampaikan aspirasi dan sumbangsih kepada pemerintah untuk mewujudkan pembangunan sesuai kapasitasnya masing-masing, karena LSM merupakan perpanjangan tangan masyarakat ke pemerintah. Berikan masukan, lakukan riset untuk menjadi acuan dalam pembangunan, “ tegasnya

Kapolres Tapsel AKBP. Roman Smaradhana Elhaj, SH,SIK,MH diwakili Kasat Intelkam Polres Tapsel AKP. Eldi Koswara menyampaikan, dengan adanya pertemuan ini, diharapkan terciptanya komitmen bersama khususnya dalam menciptakan ketentraman dan ketertiban umum di Kabupaten Tapsel

“ Selain menjalin kerjasama yang baik, Ormas maupun LSM juga dituntut menjaga dan memelihara keamanan dalam kehidupan bermasyarakat demi terwujudnya Kabupaten Tapsel yang lebih sehat, cerdas dan sejahtera, " katanya.

Dia juga mengungkapkan harapannya, agar Ormas dan LSM di Tapsel memiliki persamaan, cara berucap dan cara bertindak sehingga akan menghasilkan tujuan yang jelas dan sinertgitas bisa terbangun menjadi sebuah harapan yang kita inginkan, karna rumusnya bersama.

“ Jika memang ada perbedaan dan ganjalan, semuanya bisa diselaraskan untuk menciptakan tujuan bersama, karena kita harus mengamankan tujuan pembangunan nasional, “ terangnya.

Terkait dengan Ideologi Pancasila dan Karakter Bangsa, Eldi Koswara menjelaskan, nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila akan mengajarkan cara berfikir dan bertindak yang sesuai dengan ideologi negara.

Disebutkannya, banyaknya pengaruh negatif terhadap suatu negara salah staunya adalah lunturnya nilai-nilai luhur yang melekat disuatu negara dan inipun yang terjadi di Indonesia saat ini dan dengan banyaknya pengaruh gelobalisasi salah satunya adalah pengaruh dari budaya luar yang tidak sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

" Permasalahan tersebut dihawatirkan masyarakat Indonesia akan lupa terhadap jati diri bangsanya sendiri yang menjungjung tinggi nilai-nilai Pancasila sebagai bentuk warga negara yang baik (Good Citizen) yang merupakan aplikasi karakter bangsa Indonesia ini sendiri, " paparnya

Sebelumnya Kakan Kesbangpol Tapsel Hamdi Pulungan, S.Sos diwakili Sekretaris Azam Hasibuan mengatakan, maksud dari acara pertemuan ini yang merupakan agenda rutin, dimana LSM dan Ormas harus dibina oleh pemerintah dan dijadikan mitra oileh pemerintah.

“ LSM merupakan mitra pemerintah dalam pembangunan, karena mereka dapat ikut membantu berbagai program yang dilakukan pemerintah demi terciptanya peningkatan pembangunan dan kesejahteraan sosial ekonomi masyarakat,  “ kata Azam.

Ia juga memberikan apresiasi atas peran dan pengawasan Ormas dan LSM selaku social control selama ini, agar dapat meningkatkan kehidupan berbangsa dan bernegara yang aman.

" Pahami peraturan perundang-undangan tentang peran dan fungsi organsisasi serta berupaya untuk saling mengisi dan membantu pemerintah dalam menjaga stabilitas keamanan dan ketentraman, “ harap Azam.  (WD.014)
Komentar Anda

Berita Terkini