Terkait Kejadian Bentrok Di Sihornop, Polres Palas Telah Tangkap Lima Orang Tersangka

HARIAN9 author photo

 

PALAS | H9

Pasca kejadian bentrok antara warga wilayah Sihornop Kecamatan Aek Nabara Barumun dengan Scurity dan PAM Swakarsa PT. Sumatera Sylva Lestari (SSL) pada hari Kamis (28) dan Jum’at, 29 Oktober 2021, pihak Polres Padang Lawas telah berhasil menangkap lima (5) Orang tersangka.

Demikian disampaikan Kapolres Palas, AKBP Indra Yanitra Irawan, S.I.K., M.Si melalui Kasat Reskrim Polres Palas, AKP Aman Putra Bangunsyah, SH. minggu, (20/11/2021) Kepada Harian9.com

Lebih lanjut dijelaskan Kasat Reskrim Polres Palas, Pada hari Kamis, (28/10/2021), sekira pukul 16.00 Wib, Masyarakat Dusun Sihornop, Desa Tobing Tinggi, Kecamatan Aek Nabara Barumun, Kabupaten Padang Lawas (Palas), Provinsi Sumatera Utara (Sumut), yang diketahui berjumlah lebih kurang 50 Orang mendatangi karyawan PT. SSL yang Sedang membersihkan lahan milik PT. SSL untuk melakukan Penanaman Kayu Ecaleptus.

Diterangkan Kasat Reskrim Polres Palas, Dimana Masyarakat mengklaim Tanah yang di bersihkan milik Masyarakat, sehingga terjadi keributan yang berujung pada Pembakaran 1(satu) unit Mobil Doble Cabin MITSUBISHI Triton Milik PT. SSL yg dilakukan oleh Masyarakat, dan setelah MobiL Terbakar, Security dan Pam Swakarsa melakukan Perlawanan dan menghalau masyarakat dari TKP, dimana atas halauan oleh Security dan Pam Swakarsa, masyarakat terdesak dan Mundur meninggalkan TKP.

Dan saat Mayarakat mundur di kejar oleh Security dan Pam Swakarsa, dimana berinisial FAR ikut melakukan pengejaran hingga mendekat ke Pemukiman masyarakat, setelah masyarakat seluruhnya meninggalkan TKP, FAR  bersama temannya berinisial ZH (Almarhum), melihat sepeda motor milik Masyarakat ada yg tertinggal, dan kemudian FAR bersama ZH (Almarhum) menumbangkan sepeda motor hingga BBMnya tercurah, dan saat itulah Pelaku membakar sepeda motor Satu Persatu dengan menggunakan Mancis,  dimana setelah melakukan Pembakaran, Pelaku kembali ke Rombongannya Sesama Pam Swakarsa. Atas kejadian tersebut mengakibatkan 6(enam) unit sepeda motor terbakar.

Atas Kejadian Hari Kamis, (28/10/2021) Personil Polres Palas Beserta Unit 1 Jahtanras Polda Sumut  telah berhasil melakukan Penangkapan Terhadap Pelaku, diantaranya Sebagai berikut, 1. Terhadap Tersangka Pelaku Pembakaran Mobil Doble Cabin MITSUBISHI Triton Nopol BM 8393 QA Telah dilakukan Penangkapan atas nama berinisial ATS alias WAKA, yanhg mana Perannya adalah sebagai, Melakukan Penyetopan Terhadap Mobil MITSUBISHI Triton, kemudian rekannya berinisial  KM Menyiramkan BBM Jenis Pertalite kedalam Cabin lalu berinisial TS memantikkan mancis sehingga mobil tersebut terbakar.

2. Terhadap Tersangka Pelaku Pembakaran Sepeda Motor Telah dilakukan Penangkapan atas nama berinisial FAR dimana Perannya adalah Membakar 1(satu) Unit Sepeda Motor Honda Supra 125.

Selanjutnya Pada Hari Jumat, (29/10/202), sekira pukul 16.00 Wib, Masyarakat Dusun Sihornop, Desa Tobing Tinggi, Kecamatan Aek Nabara Barumun, Kabupaten Palas, yang berjumlah lebih kurang 400 Orang kembali mendatangi karyawan PT. SSL yang Sedang membersihkan lahan milik PT. SSL di Kompartemen BLOK H 108. dimana Masyarakat mengklaim Tanah yang di bersihkan milik Masyarakat, sehingga terjadi  keributan Kembali yang berujung pada Pembakaran 1 Unit Mobil Doble Cabin MITSUBISHI Triton, 2(dua) Unit Alat berat Buldozer dan 1(Unit) Alat Berat Eskavator Milik PT. SSL yang dilakukan oleh Masyarakat.

Dan setelah MobiL dan Alat berat Terbakar, Security dan Pam Swakarsa melakukan Perlawanan dan menghalau masyarakat dari Tkp, dimana dari Perlawanan tersebut, kelompok masyarakat juga melakukan penyerangan dengan menggunakan Peralatan Senjata Tajam, Batu dan Senjata Api Rakitan. Sehingga menimbulkan Luka Bacok dan Luka Tembak terhadap kelompok Scurity dan Pam Swakarsa PT SSL yang mengakibatkan 1(satu) orang Korban Meninggal Dunia atas nama berinisial. ZH 

Keenam (6) orang Korban Luka Bacok terhadap Karyawan PT SSL, atas nama sebagai berikut, 
1. Berinisial RS, Luka Bacok Pada bagian Kepala,
2. RS tidak sama dengan inisial pertama, tertembak dibagian ibu Jari dan jari Kelingking,Tangan Sebelah Kanan dan selanjutnya mengenai Perut. 
Untuk yang ke 3. Berinisial NH dan yang ke 4. Berinisial FAR,  Korban Dipukuli dan Di Pijak sehingga Korban mengalami Pingsan.
Selanjutnya 5. Berinisial SH, luka Bacok di bawah ketiak bagian Lengan kanan. Serta yang ke 6.berinisial S,  luka Bacok dibagian Kening. 

Dibulan Oktober 2021 Personil Polres Palas Beserta Unit 1 Jahtanras Polda Sumut  telah berhasil melakukan Penangkapan Terhadap Pelaku, diantaranya yakni, 1. Berinisial RPH, (29), warga Desa Sayur Mahincat, Kecamatan Aek Nabara Barumun, Kabupaten Palas. 
Dimana Perannya Adalah sebagai yang
Membacok dengan menggunakan Sebilah Parang yg berbentuk Samurai mengenai Lengan Sebelah Kanan Tangan Korban Almarhum berinisial ZH.

2. Berinisial TS Alias Juntak, (38), beralamat di Tinjauan Nauli, Desa Paran Julu, Kecamatan Aek Nabara Barumun, Kabupaten Palas.Tersangka sebagai perannya adalah, Menusukkan Tombak ke Arah tubuh bagian dada sebelah kanan Korban Almarhum ZH.

3. Berinisial HP alias JottaL atau Jontal, (52), warga Desa Padang Garugur Jae, Kecamatan  Aek Nabara Barumun, Kabupaten Palas. Peran pelaku adalah,
Melakukan Penembakan menggunakan Senjata Api Rakitan sehingga mengakibatkan Luka tembak terhadap korban berinisial RS Tertembak dibagian ibu Jari dan jari Kelingking Tangan Sebelah Kanan dan selanjutnya mengenai Perut. Korban berinisial NHN,  Tertembak dibagian Ibu Jari tangan Sebelah kiri. Terang Kasat Reskrim Polres Palas.

Ditambahkan Kasat Reskrim Polres Palas, masih banyak yang kita sudah tetapkan sebagai tersangka, namun belum bisa kami sampaikan identitasnya. Pungkas Kasat Reskrim Polres Palas, AKP Aman Putra Bangunsyah, SH. (WD41).
Komentar Anda

Berita Terkini