Tim Gabungan Satreskrim Polres Palas dan Polres Tanjung Balai Tangkap Satu Residivis Curat

harian9 author photo


 PALAS | H9
Jajaran Tim gabungan Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim),  Kepolisian Resort (Polres) Padang Lawas (Palas), dan Satreskrim Polres Tanjung Balai, Provinsi Sumatera Utara (Sumut), berhasil menangkap satu orang spesialis pencurian dengan pemberatan (Curat), Kamis (25/11/2021) sekira pukul 03.15, wib di jalan Sinangin Gang Kecubung, Lingkungan III, Kelurahan Pematang Pasir, Kecamatan Teluk Nibung, Kotamadya Tanjung Balai, Provinsi Sumatera Utara (Sumut). 

“Tersangka berinisial SIN (21), tercatat sebagai warga Desa Sibuhuan Julu, Kecamatan Barumun, Kabupaten Palas, ditangkap sekitar pukul 03.15 WIB, di Rumah salah satu betinisial R yang berada di Jalan Sinangin Gang Kecubung, Lingkungan III, Kelurahan Pematang Pasir, Kecamatan Teluk Nibung, Kotamadya Tanjung Balai, Provinsi Sumatera Utara (Sumut ) tidak jauh dari Rumah yang pertama dituju,  ” Demikian dikatakan Kapolres Palas, AKBP Indra Yanitra Irawan, S.I.K., M.Si., melalui Kasat Reskrim Polres Palas, AKP Aman Putra B, SH, di Mapolres Palas, Kepada Harian9.com, Jumat, (26/11/2021).

Dalam penangkapan tersebut, lanjut Kasat Reskrim Polres Palas, Pada Hari Kamis, tgl 25 Nopember 2021, sekira pukul 03.15 Wib Personil Gabungan Satreskrim Polres Padang Lawas dan Pers Satreskrim Polres Tanjung Balai mendapat Informasi dari Masyarakat bahwa Keberadaan Tersangka atas nama SIN berada di Rumah berinisial HN beralamat di Jalan Sinangin, Gang. Kecubung, Lingkungan. III, Kelurahan Pematang Pasir,  Kecamatan Teluk Nibung, Kotamadya Tanjung Balai.

Selain berhasil menangkap tersangka SIN juga diamankan barang bukti sebagai berikut. 1 (satu) buah dompet tempat penyimpanan perhiasan berlian., 1 (satu) gulung kain bahan/bakal warna biru merek “SHIKEN JUMPING”., 1 (satu) gulung kain bahan/bakal motif batik warna biru corak coklat., 1 (satu) gulung kain warna coklat merek “ORIGINAL AMERICAN”., dan 1 (satu) buah Handphone merek VIVO Y-93 warna biru kombinasi hijau dan kesing warna hitam.

Kemudian Pers Gabungan Satreskrim Polres Palas dan Satreskrim Polres Tanjung Balai yang Di Pimpin Kanit 1 Ipda A. Bani S. SH melakukan penyergapan dirumah HN, namun keberadaan Tersangka tidak berada di rumah HN tersebut. Selanjutnya Team melakukan Pemeriksaan Handphone Milik HN, dari Pemeriksaan tersebut mendapatkan petunjuk Bahwa tersangka SIN berada di Rumah adik Ipar HN, yang berinisial R

Tanpa membuang waktu Lagi Team Satreskrim bergerak menuju rumah R yang tidak Jauh dari rumah HN. 
Seterusnya Pers Gabungan Satreskrim Polres Palas dan Satreskrim Polres Tanjung Balai yang Di Pimpin Kanit 1 Ipda A. Bani S. SH melakukan penyergapan dirumah R, dan berhasil melakukan Penangkapan Tersangka SIN.

Selanjutnya tersangka SIN di bawa ke Polres Padang Lawas untuk dilakukan penyidikan lebih lanjut. Sebut Kasat Reskrim Polres Palas.

Kasat Reskrim Polres Palas, AKP Aman Putra B, SH mengungkapkan, penangkapan tersebut berawal dari adanya laporan masyarakat yang kehilangan barang bukti tersebut diatas dengan Dasar : 1. Laporan Polisi No. Pol : LP/B/297/XI/2021/SU/PALAS/SPKT, tanggal 19 November 2021. 2. SURAT PERINTAH PENANGKAPAN No. Pol : SP.Kap/121/XI/2021/Reskrim, tanggal 23 November 2021. Yang dilaporkan oleh korban seorang Perempuan berinisial NSH, (55), yang berprofesi sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS), beralamat di Desa Sibuhuan Julu,  Kecamatan Barumun, Kabupaten Padang Lawas.

Kejadian tersebut saat itu, berawal Korban NSH, pada hari Jumat, (19/11/2021) sekira pukul 20.10 Wib korban berangkat bersama dengan anaknya yang bernama SMH dari rumahnya yang berada di Jalan Baginda Soaduon menuju ke rumahnya yang berada di Desa Sibuhuan Julu, Kecamatan Barumun, Kabupaten Padang Lawas, yang mana sudah tidak tempati selama 5 (lima) bulan.

Tujuan korban kerumahnya yang berada di  Desa Sibuhuan Julu, Kecamatan Barumun, Kabupaten Padang Lawas tersebut, adalah untuk mengambil tas keperluan ke pesta, dan sekira pukul 20.30 wib setelah korban bersama anaknya sampai dirumah tersebut pada saat memasuki rumah tersebut tiba-tiba korban melihat kaca jendela rumahnya pecah, pintu dapur rusak, dan isi perabot di dalam rumah korban berantakan, lemari dalam keadaan rusak.

"Yang mana di dalam lemari tersebut ada kalung berlian, anting berlian, cincin berlian yang disimpan oleh korban sudah hilang, dan barang-barang jualan korban berupa beberapa gulung kain bakal/bahan berbagai warna dan merek sudah hilang juga kemudian anak korban melihat 2 (dua) orang pelaku pencurian berada di belakang rumah, dan pada saat anak korban datang menghampirinya kedua pelaku langsung melarikan diri kearah perkebunan kopi masyarakat yang berjarak sekitar ± 50 meter dari belakang rumah korban, ” Jelasnya.

“Kasusnya pencurian dengan pemberatan dan saat ini pelaku berikut barang bukti sudah diamankan di Markas Polres Palas, untuk kepentingan penyidikan dan pengembangan lebih lanjut oleh penyidik, ” Ungkapnya.

Kasat Reskrim Polres Palas, mengimbau kepada seluruh masyarakat yang di diwilayah hukum Polres Palas, agar berhati-hati serta selalu meningkatkan kewaspadaan jika sedang meninggalkan rumah, atau tidak ditempati, 

Wilayah Palas, jelasnya,merupakan daerah perlintasan jalan provinsi, ramainya warga yang berlalu lalang ini menjadi incaran pelaku kejahatan untuk menjalankan aksi pencurian atau perampasan.

“Segera laporkan jika mengetahui atau memiliki informasi tentang adanya tindakan kejahatan, jangan lengah dan membiarkan barang-barang tanpa pengawasan oleh pemiliknya, ” Pungkas Kasat Reskrim Polres Palas, AKP Aman Putra B, SH, sembari mengakhiri penjelasan Kronologis kejadian curat tersebut. (WD41)

Komentar Anda

Berita Terkini