BPBD Sebut Madina Hari Ini Terkepung Banjir Warga Diminta Waspada

HARIAN9 author photo


 MADINA| H9
Hujan deras mengguyur kabupaten Mandailing Natal (Madina) Sumatera Utara mengakibatkan beberapa kawasan tergenang banjir dan longsor sihingga akses jalan menuju kawasan pantai barat lumpuh total.

"Sudah kurang lebih 24 jam kita diguyur hujan deras banyak kawasan kita sudah tergenang banjir, sedangkan jalinsum akses Kawasan Natal atau wilayah Panta Barat - Panyabungan Lumpuh total ada 4 titik tertimbun longsor." Kata Subuki Nasution Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Madina kepada wartawan, sabtu (18/12/2021).

Terhitung ada 6 kecamatan terisolir karena dampak banjir bandang yang melanda kawasan pantai barat kabupaten Madina Sumatera utara ini, namun team BPBD Madina terus berupaya mengevakuasi warga yang terbilang masih terjebak banjir atau lokasi yang paing exstrime.

"Kecamatan Batang Natal, Lingga Bayu, Ranto Baek, Natal, Batahan dan Muara Batanggadis tidak bisa kita tuju karena alses kesana selain tergenag banjir itu tadi tertimbun longsor, namun tim kita masih terus berupaya mengevakuasu warga terutama di kelurahan Tapus." ucapnya.

Selain kawasan Pantai Barat kata Subuki, kawasan yang terdampak banjir adalah kelurahan Longat Panyabungan Barat, Kecamatan Huta Bargot dan Kecmatan Naga Juang sedangkan kecamatan panyabungan timur dia minta warga tetap waspada karena diperkirakan daerah ini juga extrime longsor apalagi sungai aek pohon terlihat sudah tergolong besar karena curah hujan.

"Kalau dikawasan kota paling terdampak banjir panyabungan barat dan huta bargot hingga kecamatan Naga Juang bahkan hingga hilir sungai batanggadis kecamatan siabu itu desa huta godang muda dan desa muara batang angkola, sedangkan warga panyabungan timur warga diminta waspada karena curah hujan masih terus-terusan." Himbaunya.

Dikatakam Subuki Kepala BPBD Madina, sejauh ini bencana yang melanda beberapa kawasan Mandailing Natal ini di informasikan tidak ada korban jiwa,"Insha Allah samapai saat ini kita infirmasikan tidak ada korban jiwa sethau kita namun kita berharap dan berdoa semoga musibah banjir ini segera berakhir dan diberi pertolong oleh Allah SWT," pintanya. (WD-046)
Komentar Anda

Berita Terkini