cari




 


 

Bupati Deli Serdang Terima Penghargaan Dari Perpustakaan Nasional RI

HARIAN9 author photo

 

DELI SERDANG| H9
Bupati Deli Serdang H. Ashari Tambunan menghadiri acara Pengumuman dan Pemberian Penghargaan Bidang Perpustakaan dan Arsip Serta Pemusnahan Arsip di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Deli Serdang Tahun 2021, dirangkai dengan pemberian Penghargaan dari Perpustakaan Nasional RI yang diserahkan oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Sumatera Utara Ir. Halen Purba, MM, dan diterima langsung oleh Bupati H. Ashari Tambunan atas keikutsertaanya mengikuti Lomba Bertutur dan Lomba Perpustakaan Desa mewakili Sumatera Utara ke tingkat Nasional di Balairung Pemkab Deli Serdang, Selasa (14/12/2021).

Hadir dalam acara tersebut Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Sumatera Utara Ir. Halen Purba, MM, Kadis Perpustakaan dan Arsip Deli Serdang Drs H Misran Sihaloho, Para Pimpinan OPD, Camat se Kabupaten Deli Serdang, serta para Kepala Desa yang mendapatkan Penghargaan Perpustakaan Desa terbaik.

Dalam pidatonya Bupati H Ashari Tambunan mengatakan Arsip mempunyai peran yang sangat strategis dalam mensukseskan penyelenggaraan pemerintahan. Pengelolaan arsip penting dilakukan sesuai dengan kaidah dan peraturan perundang-undangan kearsipan.

Hal ini mutlak diperlukan, agar dapat memberi kemanfaatan dan dukungan nyata bagi pelaksanaan reformasi birokrasi, khususnya dalam pemanfaatan pertanggungjawaban kinerja, pelayanan publik, serta penyediaan alat bukti bagi kepentingan lainnya.

"Bukti pengelolaan arsip sudah berjalan dengan baik ketika adanya penataan central file, record center serta penyerahan arsip statis ke lembaga kearsipan yang diarsipkan di depo arsip, dan melakukan pemusnahan untuk arsip yang sudah tidak memiliki nilai guna bagi kepentingan organisasi dan telah melampaui jangka waktu penyimpanan," ucapnya.

Bupati menambahkan Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Deli Serdang dalam rangka membudayakan kegemaran membaca telah menyelenggarakan kegiatan lomba bertutur tingkat Sekolah Dasar (SD) Kabupaten Deli Serdang Tahun 2021 yang implikasinya membawa siswa terbaik Kabupaten Ini menjadi Perwakilan Provinsi Sumatera Utara di lomba bertutur Tingkat Nasional.

"Kepada ananda Henry Baja Junior atas prestasi yang telah diraih, tetap terus belajar untuk menggapai cita-cita seraya membawa nama harum Kabupaten Deli Serdang," kata H Ashari Tambunan.

Sebelumnya Kadis Perpustakaan dan Arsip Drs H Misran Sihaloho pada laporannya menjelaskan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan apresiasi dan motivasi pembudayaan kegemaran membaca melalui jalur sekolah di tingkat dasar, memberikan apresiasi dan motivasi terhadap upaya yang sudah dilakukan dalam rangka pengembangan dan pengelolaan perpustakaan desa.

Kemudian, memberikan apresiasi dan motivasi terhadap pengelola arsip di OPD dan kecamatan yang sudah mengelola arsip dengan baik sesuai aturan yang berlaku, mengurangi jumlah arsip sehingga tercipta efisiensi dan efektifitas dalam penyelenggaraan kearsipan, upaya untuk menjaga keamanan informasi yang terkandung dalam arsip dari penyalahgunaan pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Serta menyelamatkan arsip yang bernilai guna yaitu arsip yang mengandung nilai guna kebuktian dan informasional, mendorong dan memotivasi OPD, Kecamatan, Kelurahan dan Desa di Kabupaten Deli Serdang yang belum mengelola arsipnya untuk mau dan berkewajiban mengelola arsipnya dengan baik sesuai aturan yang berlaku. (WM022)

Komentar Anda

Berita Terkini