Dipicu Hujan Deras, Ruas Jalan Propinsi Sipirok-Arse Tertimbun Longsor

harian9 author photo

 

TAPSEL|H9
Dipicu hujan deras seharian, ruas jalan yang menghubungkan Sipirok dengan Kecamatan Arse, Saipar Dolok Hole dan Aek Bilah, tepatnya di Aek Sisihat, Kelurahan Arse Nauli, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), tertutup longsor, Kamis (16/12/2021). 

Informasi yang dihimpun, longsor yang menyebabkan tertutupnya ruas jalan Propinsi tersebut, diakibatkan oleh hujan deras yang mengguyur wilayah itu, sejak Rabu (15/12/2021) sore hingga malam. 

" Ada sekitar 70 meter badan jalan yang tertutup longsor, sehingga arus kalu lintas mengalami gangguan dan sulit dilalui kenderaan, " ujar Fahmi Anto Simatupang, warga setempat. 

Menurutnya, longsoran tebing menutup badan jalan itu, diperkirakan terjadi malam hari, sekira pukul 22.00 Wib, karena sebelumnya masih banyak kenderaan yang melintas jalur tersebut menuju Kota Sipirok. 

" Akibat longsoran material tebing yang menutup badan jalan, mengakibatkan kemacetan dan  antrian panjang kenderaan dari dua arah. Namun siang tadi, bafan jalan yang tertimbun longsoran material sudah selesai ditangani dengan melibatkan personil PUPR Tapsel, TNI, Polri dan masyarakat, " ucapnya.

Sementara Camat Arse Sahruddin Perwira mengatakan, begitu mengetahui adanya longsor, pihaknya bersama Forkopimcam dan warga berupaya menyingkirkan material longsor dari badan jalan. 

" Alhamdulillah, akses jalan sudah lancar pada pukul 14.00 Wib tadi dan atas nama Pemerintah Kecamatan saya mengucapkan terima kasih kepada personil TNI, Polri dan warga yang bahu membahu membersihkan badan jalan dari material berupa tanah dan kayu, " terang Perwira. (WD.014)
Komentar Anda

Berita Terkini