Dipicu Hujan Seharian, Pagar dan Dek Pengaman Beton Sekolah MTsN 3 Tapsel di Batangtoru Ambruk

harian9 author photo

 

TAPSEL| H9
Pagar beton dan dek pengaman Sekolah Madrasyah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 3 Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) di Desa Telo Kecamatan Batangtoru Tapsel ambruk disebabkan tanah menahan pagar tergerus air hujan yang turun seharian, Kamis (16/12/2021), sekira pukul 15.00 Wib.

Informasi yang di himpun ambruknya pagar dan dek pengaman lokasi sekolah yang diperkirakan berusia sekira 15 tahun tersebut akibat air hujan yang tergenang di atas dek, menyerap ke dalam tanah, sehingga dek pengaman tidak mampu menahan beban air dan tanah sehingga dek pengaman setinggi 3 meter sebagai pondasi tembok pagar sekolah ambruk sepanjang 50 meter.

" Usia dek pengaman dan pagar beton diperkirakan berumur 15 tahun, sehingga rapuh dan ambruk saat hujan deras seharian turun di wilayah Batangtoru, " ujar Kepala Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Tapsel Drs. Ihwan Nasution, di sela-sela meninjau bangunan ambruk milik Kemana Tapsel tersebit, Jumat (17/12/2021).

Menurut Ihwan, selain merubuhkan pagar dan dek pengaman sekolah, dua lokal sekolah juga terancam ambruk karena tanah penahan pagar dan dek pengaman lokal sekolah sudah mulai longsor akibat tidak ada lagi penahan tanah.

" Lokasi pagar tersebut menopang pada konstruksi dek pengaman dan jaraknya hanya setengah meter dari bangunan dua lokal sekolah, sehingga mengancam bangunan dua ruang kelas sekolah tersebut, " ucapnya.

Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, apalagi curah hujan masih tinggi, pihaknya telah mengosongkan dua ruang sekolah yang terancam ambruk dan siswa di pindahkan ke ruang sekolah yang lebih aman.

" Proses belajar mengajar berjalan seperti biasa dan tidak terganggu. Siswa kita pindahkan ke ruang kelas lain dan kejadian ini telah kami laporkan ke Kanwil Kemenag Sumut agar bangunan yang ambruk segera dibangun permanen guna menghindari kejadian serupa, " terangnya. (WD.014)
Komentar Anda

Berita Terkini