Hadiri Rakor Dengan KPK RI, Walikota Padangsidimpuan Terima Sertifikat Asset yang Terbit Tahun 2021

harian9 author photo
 

TAPSEL |H9

Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution, SH, menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Pemberantasan Korupsi Terintegrasi dengan Komisi Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia (KPK RI) di aula Sarasi Kantor Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) di Komplek Perkantoran Pemerintah Kabupaten Tapsel, Rabu, (22/12/2021).

 
Selain Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution, SH, Rakor juga dihadiri Direktur Wilayah I Koordinasi dan Suvervisi KPK Brigjen Didik Agung Widjanarko, Kepala Satuan Tugas Koordinasi dan Supervisi Pencegahan (Korsupgah) Korupsi KPK Wilayah I Maruli Tua, Pj.Sekda Provsu, Afif Lubis, Bupati Tapsel H. Dolly Parlindungan Pasaribu, S.Pt, MM, Wakil Bupati Tapsel Rasyid Assaf Dongoran, M.Si, Wakil Walikota Padangsidimpuan Ir. H Arwin Siregar, MM, Bupati dan Wakil Bupati Mandailing Natal, Tapanuli Tengah, Padang Lawas Utara, Padang Lawas, Walikota dan Wakil Walikota Sibolga, para Ketua DPRD, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari), Kapolres dari masing-masing daerah, Sekretaris Daerah,  Ketua TP PKK, Inspektur Daerah dan Kakantah Kabupaten /Kota
 
Usai Rakor, Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution, SH menyampaikan, pertemuan tersebut merupakan dalam rangka memperkuat perbaikan tata kelola pemerintahan daerah dalam rangka pencegahan korupsi di Kabupaten Tapanuli Selatan, Kota Padangsidimpuan, Kabupaten Tapanuli Tengah, Kota Sibolga, Kabupaten Padang Lawas, Kabupaten Padang Lawas Utara dan Kabupaten Mandailing Natal.
 
“ Kegiatan ini merupakan motivasi bagi kami, dalam hal ini Insya Allah Pemerintah Kota Padangsidimpuan, untuk berupaya semaksimal mungkin mengejar pencapaian melalui Monitoring Center for Prevention (MCP) minimal 80% dengan kategori terbaik di tahun depan, “ ujar Irsan.
 
Sebelumnya, Direktur Wilayah I Koordinasi dan Suvervisi KPK Brigjen Didik Agung Widjanarko menyebutkan,  Rakor ini merupakan upaya pencegahan korupsi dengan harapan penyelenggaraan Pemerintahan Pembangunan dan Pelayanan kepada masyarakat di Tabagsel dan Tapteng Sibolga akan semakin baik.
 
Kami juga berpesan kepada seluruh Kepala Daerah agar pelaksanaan tata kelola pemerintah daerah dijalankan sesuai dengan mekanisme dan ketentuan perundang-undangan dengan memperkuat pengawasan ditingkat internal.
 
“ Kami berkomitmen untuk terus melakukan perbaikan-perbaikan menggalakkan pencegahan dini tindak pidana korupsi demi terwujudnya pemerintahan yang bersih sesuai dengan rencana aksi yang dicanangkan oleh Pimpinan KPK, “ terang Brigjen Didik.
 
Dalam kesempatan itu juga, Gubernur Sumatera Utara di Wakili Pj.Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara Afif Lubis menyambut baik serta mendukung penuh kegiatan Rakor pemberantasan korupsi oleh KPK dengan Kabupaten Kota di Tabagsel dan Tapteng Sibolga, serta dilingkungan Pemprov Sumut.
 
“ Seperti yang kita ketahui bahwa Korsupgah KPK merupakan pencegahan korupsi melalui perbaikan tata kelola pemerintahan melalui program Korsupgah, KPK terus berupaya mendorong perbaikan sistem pemerintahan baik di tingkat pusat maupun daerah, ” katanya.
 
Afif menambahkan, ada tiga daerah di Sumatera Utara yang memperoleh MCP kategori terbaik di Sumatera Utara yakni, Pemkab Batu Bara, Pemko Pematangsiantar dan Pemko Tebing Tinggi, Ia mengharapkan keberhasilan daerah tersebut dapat menjadi motivasi untuk Kepala Daerah yang lain dalam mencapai target MCP.
 
“ Saya berharap kegiatan ini menjadi perhatian serius bagi jajaran Pemda seluruh Kabupaten Kota untuk dapat saling lebih keras bahu membahu dan saling mengingatkan sehingga dapat melaksanakan apa yang telah disampaikan oleh Tim KPK melalui Program Pencegahan Korupsi melalui MCP KPK, “ ucapnya.
 
Sementara Bupati Tapsel H. Dolly Parlindungan Pasaribu yang mewakili Kepala Daerah se-Tabagsel dan Tapteng Sibolga mengucapkan selamat datang dan ucapan terima kasih atas kunjungan KPK ke Tapanuli Selatan yang diwakili oleh Direktur Wilayah I Koordinasi dan Suvervisi KPK Brigjen Didik Agung Widjanarko, Kepala Satuan Tugas Korsupgah Korupsi KPK Wilayah I Maruli Tua dan jajaran yang hadir.
 
‘’ Kami berharap melalui kegiatan ini nantinya bapak ibu dari KPK dapat memberikan pencerahan dan pemahaman kepada kami terkait pencegahan dan pemberantasan korupsi di daerah, " terang Dolly.
 
Kegiatan tersebut juga di lanjutkan dengan serah terima sertifikasi aset Pemda Kabupaten Tapsel, Kota Padangsidimpuan, Kabupaten Tapteng, Kota Sibolga, Kabupaten Palas, Kabupaten Paluta dan Kabupaten Madina berupa tanah milik Pemda yang terbit tahun 2021. (WD.014)
Komentar Anda

Berita Terkini