Jalin Keakraban, Bank Sumut Gandeng IWO Gelar Media Gathering

HARIAN9 author photo

 

MEDAN| H9
Untuk menjalin keakraban yang selama ini sudah terjalin antara Bank Sumut dan jurnalis yang tergabung di Ikatan Wartawan Online (IWO) Kota Medan, maka Bank Sumut menggandeng IWO menggelar Media Gathering sekaligus pelatihan terkait perbankan. 

Tema yang digelar yakni Optimalisasi Digital Perbankan Lewat Jurnalistik. Kegiatan ini digelar di Berastagi Tanah Karo, 28-30 Desember 2021.

Direktur Kepatuhan PT Bank Sumut, Eksir mengatakan saat ini asset Bank Sumut Rp41 triliun, nasabah 2,1 juta, sedangkan untuk dana pihak ketiga berkisar Rp29 triliun. kemudian untuk CSR Bank Sumut sudah salurkan Rp300 miliar.

"Bank Sumut juga tiap tahunnya membagikan deviden Rp300 miliar kepada pemerintah Sumatera Utara," katanya didampingi Sekretaris Perusahaan, Iswanto Darus, Rabu (29/12/2021).

Dikatakannya, jika masyarakat Sumut menjadi nasabah, maka dipastikan pembangunan Sumut semakin berkembang. 

"Ada 4 kendala yang harus kita hadapi yakni modal, Government, pengembangan teknologi, dan SDM/organisasi," ujarnya.

Ketua IWO Medan, Erie Prasetio mengatakan kegiatan ini untuk menambah wawasan jurnalis yang bergabung di IWO. 

"Kita berharap dengan kegiatan silaturahmi kita makin erat dan terjalin, dan jurnalis makin paham terkait perbankan," uajrnya.

Sedangkan Pemimpin Bidang Pengembangan Produk Divisi Dana dan Jasa PT Bank Sumut, Hendy Arief mengatakan bahwa saat ini Bank Sumut juga sudah melakukan sistem online. 

"Nasabah sudah bisa mendownload aplikasi Bank Sumut Mobile Banking untuk mempermudah transaksi, namun khusus pembayaran pajak daerah nasabah masih datang langsung ke Bank Sumut," ujarnya.

Pimpinan Unit Layanan Pengaduan Nasabah dan Pusat Informasi, Erwinsyah mengatakan pola komunikasi sekarang adalah bagaimana perusahaan menyampaikan informasi sehingga menjadi sebuah berita.

"Saat ini perusahaan sudah punya akun medsos sendiri, sehingga informasi bisa berkembang luas. Selain medsos yang digunakan perusahaan, media digital pun saat ini semakin interaktif," ujarnya.

Dalam menyajikan pemberitakan terkait perbankan, Bank Sumut-IWO mengundang wartawan senior sebagai pembicara, Rizal Surya. Beliau mengatakan bahwa menjadi jurnalis harus independen dan tidak menyebarkan hoak.

"Jadilah jurnalis yang dapat menyajikan pemberitaan yang baik, apalagi untuk ekonomi/perbankan data tidak boleh salah, harus real," katanya.

Pembicara yang kedua yakni pengamat ekonomi dr UNIMED, DR Azizul Kholis bahwa menurutnya terkait digitalisasi, uang cash sudah sulit dilihat, sebab untuk melakukan semua transaksi sudah melalui digital.

"Saran saya jika anda ingin menulis tentang ekonomi maka dimulai dari kita tidur, bangun, tempat tinggal kita, daerah, provinsi, negara hingga dunia, maka tulisan tersebut lebih gampang dimengerti pembaca," ujarnya.(PP-04)




Komentar Anda

Berita Terkini