Kemendag Gelar Konsultasi Bisnis Bagi Pemenang GDI

harian9 author photo

 


JAKARTA| H9

Kementerian Perdagangan (Kemendag( terus mendorong pelaku usaha untuk  gencar berinovasi dan meningkatkan daya saing produknya agar mampu berkompetisi di pasar  internasional. Salah satu upaya yang dilakukan Kemendag yaitu dengan menggelar ‘Good Design Indonesia (GDI) Business Consultation by Yoshio Yokobori’ yang merupakan kolaborasi Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (Ditjen PEN) dengan Japan External Trade Organization (JETRO) pada 1—2 Desember 2021. 

“Fasilitasi ini merupakan salah satu bentuk implementasi program GDI untuk menjembatani produk  Indonesia masuk ke pasar internasional. Melalui konsultasi bisnis, para pelaku usaha mendapatkan  informasi mengenai bagaimana melakukan bisnis, di Jepang sekaligus berkesempatan membuka akses pasar yang dimiliki menjadi lebih luas lagi,” jelas Direktur Pengembangan Produk Ekspor Miftah Farid. 

Ia juga berharap, kolaborasi Ditjen PEN dengan JETRO dapat mendorong produk Indonesia untuk mendunia dan memberikan kontribusi positif dalam mendorong kinerja ekspor nonmigas  Indonesia. 

Konsultasi bisnis pada hari pertama digelar secara daring dan dihadiri oleh enam pelaku usaha  dari Tinung Rambu, Kiwari Bamboe, CV Pikirmikir (Pikirmikir Design Studio), CV Mugni Karya Agritek,  PT Bana Andaru Nusantara, dan PT Mujur Kurnia Ampuh. Sementara pada hari kedua, konsultasi  bisnis digelar secara luring dan bertempat di Indonesia Design Development Center (IDDC).  Hadir pada kesempatan ini adalah lima pelaku usaha dari Pomato Asia, PT Katalis Jaya Indonesia,  PT Kriya Selaras Internasional, BYO Living, dan PT Tujuh Cakra Manunggal. 

Yoshio Yokobori merupakan konsultan bisnis asal Jepang. Selain hadir dalam konsultasi bisnis,  ia juga akan mengunjungi beberapa perusahaan di Indonesia yang meraih penghargaan GDI buyer dari Jepang yang memiliki potensi untuk menjadi mitra bisnisnya. Yoshio Yokobori  dijadwalkan mengunjungi Bali dan Bandung pada 6-9 Desember 2021 mendatang. (wp.03)


Komentar Anda

Berita Terkini