PT ANJ Agri Siais Salurkan Bantuan Tanggap Darurat Kepada Korban Banjir Batang Gadis

harian9 author photo


 TAPSEL| H9
Meningkatnya curah hujan di Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) khususnya di Kecamatan Angkola Selatan sejak 16 Desember 2021 lalu, memicu peningkatan debit air dibeberapa aliran sungai. Dampaknya, banjir tidak terelakkan. Khususnya Sungai Batang Gadis yang membentang dari Kabupaten Mandailing Natal (Madina) hingga ke Kabupaten Tapsel.

Meluapnya Sungai Batang Gadis berdampak negatif terhadap warga yang bermukim dibantaran Sungai Batang Gadis, diantaramya Dusun Jambur Torop dan warga yang bermukim di Lingkungan  X Dusun Labalasiak.  

Sedikitnya 264 orang warga Dusun Labalasiak dan sekitarnya berhasil dievakuasi di Gedung Balai Karyawan PT. Austindo Nusantara Jaya (PT.ANJ) Agri Siais sejak 19 hingga 24 Desember 2021. 

Warga tersebut difasiltasi dengan bantuan sembako untuk kebutuhan dapur umum yang sudah disediakan oleh perusahaan. Selain itu, perusahaan juga memberikan bantuan sembako kepada 80 warga Dusun Jambur Torop yang telah dievakuasi di perbukitan Dusun Jambur Torop. 

Memastikan kondisi dampak banjir di bantaran Sungai Batang Gadis dan sekaligus menyisir pinggiran sungai, Tim Humas dan Security perusahaan juga memberikan bantuan sembako kepada masyarakat yang sudah mengungsi didataran Blok Q 60 dan Blok O55 sebanyak 50 orang. 

General Manager PT. ANJ Agri Siais, H. Sukrisdianto, SP,.MM, didampingi Community Relation Officer PT. ANJ Agri Siais, Marson M. Sihotang dan M. Ayub Siregar, mengatakan, PT. ANJ Agri Siais telah mempersiapkan upaya penanggulangan dampak banjir baik untuk operasional kebun maupun terhadap dampak kepada warga sekitar kebun. 

" Kita sudah persiapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan peningkatan curah hujan yang menyebabkan peningkatan debit air, " ujar H. Sukrisdianto, SP,.MM, saat melakukan kunjungan dan menyerahkan bantuan ke lokasi banjir, Jumat (24/12/2021).

Disebutkannya, untuk operasional kebun, masalah banjir menjadi tantangan tersendiri bagi kami yang bekerja di Kebun ANJ Agri wilayah Angkola Selatan. Oleh karenanya, penanganan banjir tidak menjadi hal yang asing bagi kami.

" Kita juga siapkan tenaga medis, dokter, bidan dan perawat serta obat-obat medis untuk warga yang mengungsi siang ataupun malam. Karena kebetulan Poliklinik kita berdekatan dengan Balai Karyawan, sehingga, apa bila ada warga yang sakit penanganannya bisa sigap, ” imbuhnya.

H. Sukrisdianto, SP,.MM, menambahkan, untuk warga yang di evakuasi baik di Balai Karyawan maupun yang berada di lokasi pengungsian lainnya, PT.ANJ Agri Siais menyediakan bahan-bahan pokok berupa beras sebayak 330 kg, mie instan 39 dus, minyak goreng 24, 5 kg, 14 papan, gula putih 24 kg, the 25 kotak, kopi 40 bungkus, Aqua Cup 5 kotak, garam dapur 8 bungkus, Royco 7 bungkus, kain pel, sapu lantai, wipol, cabe 2 kg, kol 5 kg, sawi putih 5 kg, bawang merah 1 kg, bawang putih 1 kg, dan sarden 61 kaleng, " bebernya.

" Khusus penanganan bagi warga yang sering terdampak, pihaknya selalu berupaya mengevakuasi masyarakat sekitar yang terdampak, dengan mendirikan dapur umum hingga memberikan sembako kepada warga yang terkumpul di Balai Karyawan kami, untuk kebutuhan selama dipengungsian, " tuturnya.

Diterangkannya, dalam penanganan yang dilakukan perusahaan terhadap warga korban banjir di Kecamatan Angkola Selatan tersebut telah mendapat dukungan langsung dari Bupati Tapsel H. Dolly M. Pasaribu, SPt,.MM. 

" Kami dari ANJ Agri Siais mendapat dukungan langsung dari Pak Bupati. Semoga bantuan kami, menjadi upaya perpanjangan tangan pemerintah bagi warga kita yang terdampak. Sehingga kehadiran kami di bumi Angkola Selatan dapat dirasakan oleh masyarakat sekitar, " tutupnya. (WD.014)
Komentar Anda

Berita Terkini