cari




 


 

Sekda Optimis, Hingga Akhir Tahun 2021, Pencapaian Herd Immunity di Sergai Bisa Mencapai Diatas 70 Persen

HARIAN9 author photo

 

SERDANG BEDAGAI | H9

Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) HM Faisal Hasrimy mengaku yakin (optimis), bahwa pencapaian herd Immunity/kekebalan kelompok dalam menghadapi masa pandemi Coronavirus Disease (Covid-19) di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) bisa mencapai 70 persen lebih hingga akhir tahun 2021. 

Hal itu dikatakannya, saat meninjau posko penginputan data warga Sergai yang sudah di vaksin bertempat di aula Tengku Rizal Nurdin komplek Kantor Bupati Sergai di Sei Rampah, senin (13/12/2021). 

"Kita optimistis, hingga akhir tahun 2021, capaian herd immunity di Kabupaten Sergai ini bisa mencapai 70 persen lebih. Karena, sesuai data yang terinput saat ini, warga Sergai yang sudah di vaksin mencapai 64,57 persen," ucapnya. 

Tercapainya herd immunity tersebut, kata Sekda, ini semua tidak terlepas peran serta dari seluruh stakeholder dan intansi terkait seperti Polri/TNI yang terus gencar melakukan gebyar vaksinasi di segala penjuru di Kabupaten Sergai. 

Selain itu, lanjutnya, tercapainya herd Immunity ini juga tidak terlepas dari peran serta seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) dan tenaga kontrak di Lingkungan Pemkab Sergai, sesuai dengan Surat Edaran (SE) Sekretaris Daerah Nomor : 18.33/440/71255/2021 tanggal 6 Desember tahun 2021 tentang Gempur Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Sergai. 

"Saya juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh ASN dan tenaga kontrak yang ikut menyukseskan program vaksinasi ini. Karena sebelum adanya surat edaran tersebut, capaian herd Immunity kita cuma mencapai 48 persen,"ungkap Sekda. 

Dikatakan Sekda, bahwa untuk mencapai 70 persen herd immunity ini tidaklah mudah, selama level tersebut belum terpenuhi, resiko terinfeksi Covid-19 tetap tinggi, oleh karena itu, diperlukan kerjasama seluruh pihak, agar herd Immunity ini bisa tercapai. 

"Kami juga mengimbau, untuk semua pihak terkait pelaksanaan percepatan vaksinasi ini, agar setiap hari dapat melaporkan perkembangan dan menjaga sinergitas agar penanganan COVID-19 di Kabupaten Sergai tetap bisa dikendalikan," terangnya.

Menurut Sekda, bahwa resiko penularan COVID-19 saat ini juga masih tinggi. Untuk itu, lanjutnya, cara yang paling efektif untuk mencegah penularan yaitu dengan mematuhi protokol kesehatan (prokes) dan selalu melakukan 3M, yakni Memakai masker, Menjaga jarak dan menjauhi kerumunan serta Mencuci tangan pakai sabun," pungkasnya.(WPU06) 

Komentar Anda

Berita Terkini