Yusbitanta Ginting Beri Pelatihan Barista Kopi Kepada Kader Karang Taruna Tapsel

harian9 author photo

 

TAPSEL| H9
Untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) dibidang perekonomian, Karang Taruna (KT) Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) menggelar pelatihan peracikan kopi Barista kepada anggota KT Tapsel, di aula eks Kantor Bupati Tapsel di Jalan Kenanga Padangsidimpuan, Kamis (2/12/2021).

Pelatihan Barista Kopi diikuti puluhan kader KT Tapsel yang datang dari 15 Kecamatan di Tapsel, menghadirkan narasumber dan instruktur Barista Kopi Yusbitanta Ginting yang sengaja didatangkan dari Kabupaten Karo.

Pelatihan di buka Bupati Tapsel, H. Dolly Putra Pasaribu, dihadiri Ketua Majelis Pertimbangan Karang Taruna (MPKT) Tapsel  Ny. Rosalina Dolly Pasaribu, Kadis Pertanian Ir. H. Bismark Muaratua Siregar, Kadis Ketahanan Pangan Efrida Yanthi, Kadis Perindustrian Zul Fahmi, Ketua KT Tapsel Ahmad Bangun Ritonga, SE beserta pengurus serta peserta pelatihan.

Bupati Tapsel, H. Dolly Putra Pasaribu, mengatakan, pemerintah daerah menyambut baik kegiatan pelatihan tersebut sebagai salah satu upaya meningkatkan SDM yang unggul di berbagai bidang.

Dirinya mengapresiasi kegiatan soft skill yang diadakan KT Tapsel dan diharapkan kedepan dapat menciptakan Barista Kopi yang mampu berdaya saing dengan pasar pengolahan kopi.

“ Diharapkan, melalui kegiatan pelatihan ini para peserta betul- betul bisa menjadi peracik kopi Barista berstandar sehingga berdampak meningkatkan kesejahteraan masyarakat, " kata Dolly.

Lebih jauh Bupati mengungkapkan rencana besarnya untuk mengangkat nilai kopi asli Sipirok Tapsel menjadi sesuatu yang akan mendatangkan keuntungan lebih bagi para petani kopi dan juga pegiat usaha yang bergerak dibidang pengembangan kopi ini.

" Saya berfikir kopi kita ini kelak akan bisa menadi produk unggulan yang membanggakan kita semua, menjadi sebuah maskot bagi Kabupaten Tapsel yang kita cintai ini, untuk kemudian menjadi sebuah jaminan kesejahteraan bagi kita semua dan untuk tujuan itulah sebenarnya pelatihan Barista Kopi yang hari ini kita selenggarakan, " ucap Bupati 

Sementara Ketua MPKT Ny. Rosalina Dolly Pasaribu mengatakan, kopi asli Sipirok Tapsel baik itu jenis Arabika maupun jenis Robusta yang kita miliki sesungguhnya sangat diminati oleh para penikmat kopi diberbagai daerah.

" Tidak usah heran karena memang kopi kita ini memiliki cita rasa yang tinggi, aroma yang khas dan punya nila jual tinggi, hanya saja kita kurang memahami bagaimana cara menyajikan kopi yang benar, kita disini tidak memahami tentang cara mengolah kopi yang benar, sehingga komoditas kopi yang sebenarnya sangat kita banggakan dari dulu secara turun temurun tidak kita nikmati hasilnya, " ungkap Rosalina.

Saya harapkan kita semua bisa serius mengikuti pelatihan ini dan saya tahu panitia sudah bersusah paya dalam menyelenggarakan pelatihan ini, termasuk dengan mengundang tenaga ahli Barista Kopi yang sudah sangat populer dari luar Daerah.

" Silahkan teman-teman gali ilmunya, jangan segan-segan untuk bertanya, semoga nanti sepulang dari sini teman-teman bisa semakin mengembangkan usahanya sendiri, " pesannya.

Ketua KT Tapsel Ahmad Bangun Ritonga, SE mengatakan, kegiatan ini merupakan program yang harus dijalankan KT Tapsel mengingat KT Tapsel juga memiliki lahan kopi di Desa Baringin Kecamatan Sipirok seluas 1 Hektar dan diharapkan Barista Kopi ini menjadi produk unggulan kopi KT.

" Dengan kegiatan ini diharapkan bagaimana nantinya berdiri Taruna-Taruna  kopi di Tapsel. Saya minta para kader yang mengikuti pelatihan tetap semangat dan kita bisa menunjukkan Tapsel menghasilkan kopi yang baik, " ucap Bangun.

Terpisah, narasumber selaku instruktur Barista Kopi Yusbitanta Ginting mengatakan, diselenggarakannya kegiatan ini untuk melatih kecakapan bagi penyaji kopi untuk lebih kreatif Dan dapat menyajikan kopi yang diinginkan oleh konsumen.

Kita berharap kedepan peserta yang kita latih hari ini dapat menghasilkan produk bubuk kopi yang berkualitas mulai dari pemilihan biji, penjemuran biji kopi serta menyangrai biji kopi bubuk sehingga menghasilkan bubuk kopi yang berkualitas tinggi dan sesuai selera para penikmat kopi, " ungkap Yusnitanta. (WD.014)
Komentar Anda

Berita Terkini