cari


 

Ada Varian Baru, RS Haji Kembali Siapkan Dua Ruangan Pasien COVID-19

HARIAN9 author photo


MEDAN| H9
 Tingginya angka terkonfirmasi pasien COVID-19 dengan varian omicron di Jakarta, Rumah Sakit Haji kembali membuka ruangan khusus untuk pasien COVID-19. 

Menurut Vira, Staf pengembangan mutu pelayanan menyatakan bahwa Rumah Sakit Haji telah kembali menyiapkan ruangan untuk pasien COVID-19 sejak sebelum tahun baru lalu. 

"Kita selalu siaga, dan ruangan pasien COVID-19 Ini kembali kita buka sejak sebelum tahun baru kemarin," papar Vira, Senin (10/1/2022). 

Dikatakan Vira  di Rumah Sakit Haji ada dua ruangan yang kembali di kosongkan sejak Akhir bulan Desember 2021.

"Ada dua ruangan yakni ruangan shafa marwa serta ruangan arafah. Dimana untuk ruangan sofa marwa itu untuk pasien dengan gejala ringan serta dijadikan tempat isolasi dan ruangan arafah digunakan untuk pasien  COVID-19  dengan gejala berat," tuturnya. 

Untuk jumlah tempat tidur atau  Bed Occupancy Rate ( BOR)  dikatakan Vira dirinya belum mengetahui pasti. 

"Belum tahu dari kemarin berubah-rubah tapi sejauh ini tidak ada pasien yang bukan gejala COVID-19 yang diperbolehkan masuk ke sana," ucapnya. 

Untuk pasien COVID-19 varian omicron dikatakan Vira tidak akan dibeda-bedakan nantinya.

"Mau omicron atau bukan, jika gejalanya masih ringan maka akan dirawat di ruangan shafa marwa, tidak ada perbedaan apapun," tuturnya. 

Untuk fasilitas di ruangan arafah itu dikatakan Vira ada alat ICU, NICU, PICU.

"Ruangan arafah ini selalu disterilkan karena ini untuk pasien COVID-19 dengan gejala berat seperti sesak nafas dan lain sebagainya,"ucapnya. 

Vira juga mengaku sejauh ini belum ada pasien COVID-19 Varian Omicron yang masuk ke RS Haji Kota Medan. 

"Sejauh ini belum ada dan jangan sampai ada," tukasnya (PP04)

Komentar Anda

Berita Terkini