Air Terjun Sidua-dua Tapsel Ambil Korban, Remaja Asal Padangsidimpuan Tewas Tenggelam

harian9 author photo


 TAPSEL| H9
Lokasi pemandian air terjun Sidua-dua di Desa Sisundung Kecamatan Angkola Barat Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) ambil korban jiwa. Seorang siswa sekolah Madrasyah Aliyah Negeri (MAN) 2 Model Kota Padangsidimpuan Wilda Fadhilah Hasibuan (17), warga Jalan Zubeir Ahmad No. 3 Padangsidimpuan Kota Padangsidimpuan yang sedang berwisata sambil mandi di sungai  tempat lokasi air terjun tersebut mengalir, bersama teman-teman korban, ditemukan tewas tenggelam,  Minggu (9/1/2022), sekira pukul 16.30 Wib.

Jenazah korban berhasil dievakuasi sekitar pukul 20.00 Wib oleh warga setempat bersama tim dari Kepolisian dari Polsek Batangtoru Polres Tapsel dan tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tapsel. 

Informasi yang dihimpun, peristiwa tengelamnya korban berawal saat korban bersama sejumlah teman-teman korban sedang mandi di sungai yang berlubuk dan tempat jatuhnya airvterjun yang mengalir ke sungai Sisundung usai berfoto-foto dan berselfi ria sambil acara memanggang ikan yang mereka bawa di lokasi sekitar air terjun Sidua-dua-dua Desa Sisundung yang masih asri tersebut.

Saat korban bersama empat orang teman-teman korban turun ke sungai yang arusnya lumayan deras untuk mandi, tiba-tiba mereka terbawa arus air  sungai sehinga menghanyutkan korban berikut teman korban.

Teman-teman korban lainnnya yang berada di tepi sungai langsung berteriak minta tolong, sehingga mengundang warga dan menolong korban bersama teman-teman korban yang juga turut hanyut. 

Empat orang rekan korban berhasil diselamatkan oleh warga sekitar, namun korban sendiri tidak berhasil diselamatkan dari lubuk sungai yang dalamnya sekira 3 meter, walaupun warga sempat berupaya menolong korban, dengan menarik tangan korban dan mengangkat korban dari dalam lubuk sungai, namun saat korban dievakuasi, kondisi korban sudah tidak sadarkan diri.

Mendapat informasi adanya korban yang tenggelam, di sungai tempat lokasi wisata air terjun Sidua-dua Desa Sisundung Kecamatan Angkola Barat Kabupaten Tapsel,  personel Polsek Batangtoru, Polres Tapsel yang dipimpin Kapolsek AKP Tona bersama warga langsung bergerak cepat mengevakuasi korban dan membawanya ke Puskesmas terdekat, namun korban telah meninggal dunia.

" Usai dievakuasi, jenazah dibawa ke Puskesmas Sitinjak Angkola Barat untuk dilakukan visum luar dan sejumlah saksi yang merupakan rekan korban, antara lain, Selfi Ani Putri (17), Maulidia (17) dimintai keterangannya oleh pihak kepolisian. Selanjutnya, jenazah pun akhirnya diserahkan pihak kepolisian ke keluarga, " ujar Kapolsek Batangtoru AKP Tona 

Menurut AKP Tona, berdasarkan hasil pemeriksaan luar jenazah oleh petugas Puskesmas Sitinjak, tidak ditemukan tanda-tanda kekerasan terhadap jenazah korban.

" Berdasarkan hasil pemeriksaan luar jenazah oleh petugas tim medis Puskesmas Sitinjak masing-masing dr.Helmy Rosida Hanum Simamora, bidan Erwina Putri Jambak dan Mardiah Harahap tidak ditemukan tanda-tanda kekerasan pada tubuh korban, " ucapnya.

Sementara dari keterangan warga setempat, air terjun Sidua-dua Desa Siuhom Kecamatan Angkola Barat tersebut merupakan salah satu lokasi wisata baru di Kabupaten Tapsel dan belum banyak dieksploitasi, sehingga keberadaannya masih alami. 

Lokasi wisata tersebut juga tergolong sepi, jauh dari permukiman dan hanya bisa dilalui dengan jalan kaki berliku dan terjal. Namun akhir-akhir ini tempat wisata air terjun tersebut ramai di kunjungi, khususnya anak remaja. (WD.014)
Komentar Anda

Berita Terkini