Bulan Bakti Praja Wibawa Di Marelan, Tertibkan Spanduk, Sosialisasi Aplikasi Peduli Lindungi, PK5 & Jaring 8 Pelajar Di Warkop

harian9 author photo


 MEDAN| H9
Bulan Bakti Praja Wibawa  kembali  berlanjut, kali ini kegiatan dilaksanakan di Kecamatan Medan Marelan, rabu (26/1). Diharapkan, Bulan Bakti Praja Wibawa yang  digagas Satpol PP  dan berlangsung di 21 kecamatan dapat meningkatkan edukasi, sosialisasi, pencegahan dan pengawasan terhadap penegakan peraturan daerah (Perda).

 Sebelumnya, tim yang terdiri dari Satpol PP Kota Medan beserta sejumlah OPD terkait dibantu TNI-Polri lebih dahulu mengikuti apel di halaman Kantor Kelurahan Rengas Pulau dipimpin Camat Medan Marelan M Yunus. Selanjutnya, tim bergerak untuk melaksanakan sosialisasi dan edukasi pedagang kaki lima (PKL), penanganan anak jalanan (anjal), orang dalam gangguan jiwa (ODGJ) serta gelandangan dan pengemis (ODGJ).

Selain itu tim juga menertibkan  spanduk-spanduk liar,  melakukan sosialisasi aplikasi pedulilindungi di lokasi usaha serta melaksanakan  patroli keamanan dan ketertiban umum (trantibum).  Selama proses kegiatan Bakti Praja Wibawa dengan mengusung tema, “Sapa Masyarakat, Ramah, Tertib dan Aman” (Samarata) tersebut, seluruh petugas  menjalankannya dengan humanis sesuai dengan  instruksi Wali Kota Medan Bobby Nasution.

 Dari hasil kegiatan yang dipimpin Kasatpol PP Kota Medan Rakhmat Adi Syahputra Harahap bersama Camat Medan Marelan,  tim menertibkan 8 spanduk dan 2 umbul-umbul liar. Kemudian, melakukan sosialisasi aplikasi pedulilindungi di sejumlah lokasi usaha, diantaranya King Khupi dan Irian Swalayan serta sosialisasi dan himbauan terhadap pedagang kaki lima (PK5) tentang larangan berjualan di atas trotoar maupun drainase /bahu jalan disertai pembagian masker kepada pedagang dan masyarakat.

 Di lokasi lainnya, tim juga merazia  anak sekolah di sebuah warung kopi di depan Perguruan Nasional Brigjend Katamso Jalan Marelan Raya, Kelurahan Rengas Pulau. Terhitung, ada 8 siswa yang terjaring razia dengan rincian 2 siswa SMA Perguruan Brigjen Katamso 11. Lalu, 1 siswa Yapim Marelan, 4 siswa SMK Teknologi Swasta Budi Agung Medan dan 1 siswa dari SMK Negeri 16. Para siswa kemudian dibawa ke sekolah masing-masing untuk ditindaklanjuti pihak sekolah.

Kasatpol PP Kota Medan Rakhmat Adi Syahputra Harahap menjelaskan, pelaksanaan  Bulan Bakti Praja Wibawa sudah memasuki hari ketiga, sebelumnya telah dilaksanakan di Kecamatan Medan Belawan dan Medan Amplas.  Dikatakannya, pelaksanaan Bulan Bakti Praja Wibawa dilaksanakan dengan konsep One One Kecamatan. “Kegiatan ini kita gelar  dalam rangka kolaborasi  meningkatkan ketentraman dan ketertiban umum di Kota Medan,” jelas Rakhmat.(PR-01)

Komentar Anda

Berita Terkini