Capaian Target Vaksinasi, Pemkab Tapsel Dapat Apresiasi Dari Pemerintah Atasan dan TNI-Polri

harian9 author photo

 

TAPSEL| H9
Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel), H Dolly Pasaribu, SPt, MM, mengucapkan syukur kepada semua pihak atas capaian terhadap hasil vaksinasi dosis pertama yang lebih dari 70 persen. Meski begitu, Bupati berharap, agar capaian tersebut tidak membuat timbul rasa cepat puas.

" Atas capaian tersebut, Pemkab Tapsel telah mendapat apresiasi dari berbagai pihak, mulai dari pemerintah atasan, TNI, Polri serta unsur lainnya, " ujar Bupati Dolly pada acara penyerahan penghargaan atas partisipasi dan peran aktif dalam penanganan pandemi Covid-19 di Kabupaten Tapsel yang di gelar di Aula Sarasi, Lantai III, Kantor Bupati Tapsel, Rabu (5/1/2022).

Penghargaan diserahkan kepada Polres Tapsel, Kodim 0212/Tapsel, Kejari Tapsel, Batalyon C Brimob Poldasu, 15 Camat yang ada di Kabupaten Tapsel beserta Danramil, Kapolsek dan Kepala Puskesmas yang didampingi OPD penanggung jawab masing-masing serta dunia usaha seperti PTAR dan PT. ANJ Agri yang sudah melaksanakan kegiatan vaksinasi dengan baik.

Penyerahan penghargaan juga diserahkan Kapolres Tapsel Roman Smaradhana Elhaj, SH,SIK,MH, Dandim 0212/Tapsel, Kejari Tapsel, Batalyon C Brimob Poldasu. Kemudian Bupati, Kapolres, Kasdim 0212/TS, Kajari dan mewakili Danyon C Brimob Poldasu, kepada masing-masing penerima penghargaan.

" Capain Pemkab Tapsel ke dalam level 1 Covid-19 adalah suatu wujud kerja keras semua pihak. Diharapkan dalam vaksin dosis kedua agar bisa mencapai target minimal serupa yakni minimal 70 persen vaksinasi, " ucap Dolly.

Dolly juga meminta kepada seluruh pihak terkait, untuk terus bersiap dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Kemudian, diharapkan juga agar terus bekerja sepenuh hati.

" Bagi masyarakat yang belum berkenan untuk divaksin tetap lakukan pendekatan humanis dan kedepankan rasa kekeluargaan di tengah-tengah  masyarakat, " imbuhnya.

Lebih jauh Dolly menjelaskan, sesuai instruksi pemerintah atasan vaksinasi selanjutnya mengambil sasaran anak-anak usia 6 hingga 11 tahun dan untuk menempuh target tersebut, diperlujan pendekatan yang lebih lembut, karena dipahami anak-anak memiliki kerentanan yang cukup tinggi. 

" Begitu juga dengan orang tuanya, tentunya petugas vaksinasi harus diberikan pemahaman dan arahan dan harus ada persetujuan dari orang tua anak, sehingga perjalanan pemerintah bersama masyarakat, dalam rangka melaksanakan vaksinasi bisa terwujud, " katanya.     

Dijelaskannya, demi memberikan rasa nyaman kepada masyarakat, selain ada target yang diberikan pemerintah juga sebagai ikhtiar agar bisa mengurangi dampak dari Covid-19 di Tapsel, karena sudah banyak hal yang dilewati dalam memenuhi target 70 persen. Bahkan, termasuk ada peristiwa yang kurang berkenan di hati. 

" Kita tinggalkan semua itu, untuk menyambut awal yang baik di tahun 2022 ini. Begitu juga dengan penghargaan, dengan tujuan memberi apresiasi atas lelah hasil kerja sama yang baik antar unsur Forkopimda, " tegasnya.

Sementara Kapolres Tapsel, AKBP Roman Smaradhana Elhaj, SH,SIK,MH yang langsung memimpin rapat analisis dan evaluasi (Anev) penanganan Covid-19 menjelaskan, rencana vaksinasi anak umur 6 hingga 11 tahun masih dalam koordinasi dengan Kadis Pendidikan dan Kemenag Tapsel sesuai dengan Kemenkes RI No. HK.01.07/Menkes/6688/2021 tentang pelaksanaan vaksinasi Covid-19. 

" Sesuai data KPCPEN, vaksinasi masyarakat untuk dosis kedua yang capaiannya sebanyak 78.168 dosis atau 34,64 persen. Sementara sesuai Inmendagri No.66/2021, dosis kedua minimal 48,67 persen, " terang Kapolres.

Begitu juga katanya, data remaja yang sudah diberi vaksin dosis pertama, sebanyak 29.986 orang atau 84,05 persen dan bagi yang belum divaksin dosis pertama sebanyak 5.689 orang atau 15,95 persen. Sedangkan yang belum divaksin dosis kedua sebanyak 16.945 orang atau 47,5 persen.

" Diharapkan program vaksinasi anak umur 6 hingga 11 tahun bisa berjalan lancar agar program vaksinasi dapat segera kita realisasikan untuk mencapai 100 persen. Begitu juga perlunya sinkronisasi data riil masyarakat yang tinggal di Desa/Kelurahan yang menjadi sasaran vaksinasi dengan data target vaksinasi dari Kemenkes RI menuju vaksinasi 100 persen, " ungkap Kapolres.

Sedangkan, Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Tapsel selaku Pelaksana Harian Satgas Penanganan Covid-19 Drs. Parulian Nasution, MM menjelaskan, yang mendasari kegiatan ini adalah Inmendagri yang diikuti melalui zoom meeting di tanggal 27 Desember 2021, dengan harapan agar semua pemerintah daerah memberikan penghargaan kepada pejuang-pejuang penanganan Covid-19 di daerah masing-masing, yang merupakan aplikasi dari Kemendagri No. 66 Tahun 2021. 

" Penerima penghargaan di lihat dengan dedikasi tim yang tinggi dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19, serta etos kerja yang tinggi, sesungguhnya ini semua merupakan tim yang sangat solid, dengan motto superteam bukan superman, " terang Parulian. (WD.014)
Komentar Anda

Berita Terkini