cari


 

Diduga Pungli dan pelanggaran Lainnya, LSM Laporkan Salah Satu E-Warung di Madina

harian9 author photo

 

MADINA| H9
DPD LSM Trisakti laporkan salah satu E-Warung di Kecamatan Panyabungan Utara kedinas Sosial Kabupaten Mandailing Natal (Madina ) Sumatera Utara yang terduga melakukan Pungli dan Pelanggaran Lainnya.

"Benar kita sudah menyerahkan surat laporan pengaduan kepada dinas Sosial Madina terkait dugaan adanya pungli penyaluran bantuan sosial langsung tadi diterima oleh Kordinator Bantuan Sosial Madina," ungkap Dedi Saputra Hasibuan Ketua Lsm Trisakti Madina kepada Wartawan, Kamis (20/01/2022).

Pelanggaran yang diduga dilakukan oleh salah satu E-Warung di  Kecamatan Panyabungan Utara yakni adalah pemotongan jatah sembako kepada pemilik Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) dan menyita semua Kartu ATM masyarakat penerima bantuan.

"Selain itu pemik E-Warung juga mengutip uang kepada pemilik KKS sebesar Rp30.000 S/d Rp50.000 per-KK bahkan pemilim E-Warung juga menyita Kartu ATM Milik warga penerima bantuan ini pelanggaran yang kami maksud," paparnya.

Terpisah, Nurmawardi Hasibuan selaku koordinator Bantuan Sosial Madina yang berdinas di Dinas Sosial Madina membenarkan telah menerima laporan pengaduan itu hanya saja ia menunggu persetejuan dari kepala dinas Sosial yang kebetulan sedang berada di luar.

"Benar kita sudah menerima laporan pengadian LSM itu dan kita akan menindaknya jika terbukti salah kita akan mengusulkan kepihak BRI untuk mencabut izin BRI Link tersebut," timpal Nurmawardi.

"Kalau kartu ATM nya sama dia ini sudah pelanggaran berat, kita cabut izinnya contoh sudah banyak, ada kita cabut izinnya seperti di salambue udah banyak kita cabut e-Warung yang nakal-nakal, dan jika ini terbukti pidana ini," tambahnya.

Sebelumnya, Saat dikonfirmasi Wartawan, Sabtu (15/01/2022) warga kecamatan Panyabungan Utara Kabupaten Madina Sumatera Utara penerima KKS yang tidak mau disebut identitasnya mengaku hanya menerima bantuan beras 30Klg dan telur 24 butir, Kacang Hijau 1/2klg dan sayur kentang 1Klg jika ditotal harga Rp 358.000 ini untuk jatah enam bulan.

"Pencairannya lewat BRI Link terdekat dan itu langsung dibelanjakan oleh BRI Link, Iya cuma itu yang kami terima selama 6 bulan terakhir tahun 2021, dan slipnya juga ada selama enam bulan itu," kata pemegang KKS di Desa Tanjung Mompang Kecamatan Panyabungan Utara Madina Sumut.

Hal yang sama dikatakan Pemegang Kartu Keluarga Sejahtera atau KKS itu di Kelurahan Mompang Jae Kecamatan Panyabungan Utara Madina Sumut, mereka hanya menerima bantuan sembako dalam jumlah yang sama.

"Sama kayak ditanjung 30 Kg Beras, setengah kilo kacang Hijau, 24 biji telur ayam, dan 1 kilo kentang untuk jatah 6 bulan di 2021 yang lalu kalau ditotal tak sampai Rp400 ribu harganya semua, enggak tau itu dipotong atau tidak cuma itu yang kami terima dari pihak E-Warung dekat sini," timpalnya.

Ditempat terpisah saat dikonfirmasi Nur Hasanah, pemilik BRI Link di keurahan mompang jae kecamatan panyabungan utara madina atau penyalur bantuan anggaran KKS tidak merespon sama sekali.

Meski beberapa pertanyaan sudah dikirim melalu Whatsapnya dan diketahui tanda baca sudah menyala, sampai berita ini dibuat Saudari Nur Hasanah pelik BRI Link itu tidak sama sekali memberikan jawaban atau komentar.(WD-046)

Komentar Anda

Berita Terkini