Gekrafs Sumut Diharapkan Menjadi Garda Terdepan Dalam Pembangunan Nasional dan Sumut

HARIAN9 author photo

 


TAPSEL | H9

Menteri Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Baparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno mendorong ekonomi kreatif (ekraf) agar dapat menjadi lokomotif untuk menciptakan lapangan pekerjaan, khususnya di Sumut.

Hal tersebut disampaikan Sandiaga Uno yang juga menjabat sebagai Ketua Dewan Pembina DPP Gekrafs usai menghadiri pelantikan pengurus DPW Gekrafs Sumut periode 2021-2024 secara virtual di Al Amjad Hall & Convention di Jalan Merpati, Kota Medan, Kamis (27/1/2022).

Pada pelantikan tersebut dihadiri Wakil Gubernur Sumut, Musa Rajekshah, yang juga menjabat sebagai Ketua Dewan Penasehat DPW Gekrafs Sumut Ketua Umum DPP Gekrafs, Kawendra Lukistian, Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel), H Dolly Pasaribu, SPt, MM, yang juga menjabat sebagai Dewan Penasehat DPW Gekrafs Sumut, Ketua DPW Gekrafs Sumut, Fadhullah  judan undangan lainnya.

" Semoga Gekrafs Sumut dapat menjadi garda terdepan dalam pembangunan nasional dan Sumut dan saya mengajak jajaran pengurus DPW Gekrafs Sumut periode 2021-2024, untuk dapat berperan aktif dalam mengembangkan potensi ekonomi di Sumut, serta berharap DPW Gekrafs Sumut dapat berkontribusi dalam pembangunan nasional dan daerah, “ ungkap Sandiaga Salahuddin Uno.

Sedangkan Wakil Gubernur Sumut, Musa Rajekshah, yang juga menjabat sebagai Ketua Dewan Penasehat DPW Gekrafs Sumut, dalam sambutannya mengatakan, kehadiran Gekrafs Sumut dapat menghadirkan berbagai inovasi, dalam rangka membantu pengembangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Sumut untuk memajukan perekonomian daerah.

Musa juga mengatakan bahwa, banyak UMKM di Sumut yang telah berorientasi pada pasar ekspor, sehingga kehadiran Gekrafs diharapkan dapat membantu agar lebih banyak lagi UMKM yang menembus pasar Internasional. Karena itu, pemerintah Provinsi mendukung kehadiran DPW Gekrafs Sumut.

“ Saya berharap DPW Gekrafs Sumut dapat menjalin kerjasama dan berkoordinasi dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan serta Dinas Koperasi dan UKM Sumut. Dengan demikian, bersama-sama kita dapat membantu UMKM serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat Sumut," harapnya.

Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel), H Dolly Pasaribu, SPt, MM, berharap agar Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Gerakan Ekonomi Kreatif Nasional (Gekrafs) Sumut mampu memberikan solusi atau jalan keluar dalam mengatasi ekonomi masyarakat yang melambat akibat pandemi Covid-19.

Menurut Dolly, Gekrafs dapat menghasilkan ide-ide kreatif yang bisa memberi energi positif dalam pengembangan ekonomi kreatif dan pasar di Sumut, Nasional juga mancanegara, termasuk Tapsel dan juga dapat memunculkan kreativitas produk dan jasa sehingga masyarakat Tapsel semakin sejahtera

“ Saya yakin, organisasi itu dapat memberikan ide kreatif yang mampu memberikan energi positif guna mengembangkan ekonomi kreatif maupun pasar yang ada di Sumut, “ ungkap Dolly yang juga menjabat sebagai Dewan Penasehat DPW Gekrafs Sumut juga yakin

Sebelumnya, Ketua Umum DPP Gekrafs, Kawendra Lukistian, berharap kehadiran DPW Gekrafs Sumut dapat berkontribusi dalam mengembangkan dan memajukan perekonomian Sumut.

Sedangkan Ketua DPW Gekrafs Sumut, Fadhullah, menyebut, permasalahan literasi ekonomi kreatif akan menjadi konsentrasi dan fokus pertama pihaknya guna membuka cakrawala berpikir para pelaku ekonomi kreatif (ekraf).

Menurut dia, para pelaku Ekraf yang ada di Gekrafs Sumut, akan diberikan pendampingan dan asesmen sehingga memenuhi standar untuk pasar Global. Pendampingan-pendampingan yang akan dilakukan dalam waktu dekat adalah workshop (pelatihan) perizinan usaha, perpajakan, dan sertifikasi usaha maupun profesi.

Pihaknya juga menargetkan pembentukan DPC Gekrafs di kota, yakni Medan, Binjai, Tanjung Balai, Sibolga, Tebingtinggi, serta Pematang Siantar. Lalu, untuk kabupaten, yakni Langkat, Deliserdang, Batubara, Serdangbedagai, Asahan, Labuhanbatu Utara, Tapanuli Selatan, Mandailing Natal, dan Tapanuli Tengah.

"  Diharapkan, pelaku Ekraf ke depan tidak akan dipandang sebelah mata lagi. Untuk itu para sahabat pelaku Ekraf di Sumatera Utara, mari bergabung dan maju bersama Gekrafs untuk meningkatkan perekonomian Sumatera Utara khususnya di Bidang Ekonomi Kreatif, " ajaknya.

Adapun susunan pengurus DPW Gekrafs Sumut periode 2021-2024 di antaranya, Ketua Dewan Pembina, Letjend (Purn) H Edy Rahmayadi, Ketua Dewan Penasihat, H Musa Rajekshah, dan Ketua Dewan Pakar M Bobby Afif Nasution SE MM.

Kemudian, Ketua DPW Gekrafs Sumut Fadhullah dan Wakil Ketua di antaranya, Jamson Tampubolon, Tengku M Revy, M Ichsan R Sitorus, dan Ryalsyah Putra. Sedangkan, Sekretaris Jenderal DPW Gekrafs Sumut yakni, M Aulia Rizki Agsa dan Bendahara Umum Dian Iskandar Nasution. (WD.014)

Komentar Anda

Berita Terkini