Jembatan Kualasimpang Harus Dicek Ulang

harian9 author photo

 

ACEH TAMIANG |H9
Dari Media Sosial (Medsos) sampai cetak dan online, serta diwarung kopi pun masyarakat membicarakan jembatan Kualasimpang yang diduga sudah mulai tergerus waktu dan hal tersebut tidak terlepas dari analisa Direktur Eksekutif Lembaga Bina Arsitektur Madani (Le'bam) dengan persiapan konsepnya, kegiatan itu terpantau saat para Wartawan melakukan konfirmasi dikantornya jalan Ir. H. Djuanda Karang Baru. Jum'at (28/01/2022). 

"Dari segi usia yang sudah diatas 20 tahun dan pernah mendapat hantaman banjir bandang pada 2006, jembatan Kualasimpang harus mengalami pengecekan kembali,"jelas Zulkarnain Is, ST Direktur Eksekutif Le'bam. 

"Untuk hal keamanan dan yang pasti jembatan Kualasimpang merupakan urat nadi penghubung Provinsi Aceh menuju daerah lain, begitu juga sebaliknya. 

Zulkarnain menambahkan, sudah seharusnya ada sekitar empat jembatan lagi, yang memiliki akses cepat untuk segera dibangun, jangan biarkan jembatan Kualasimpang hancur terlebih dahulu, baru dibangun yang lain,"ungkapnya.

"Kami siap melakukan kajian teknis terkait kondisi jembatan Kualasimpang saat ini, karena beberapa daerah lain di Aceh sudah punya jembatan alternatif. 
Untuk jembatan Kualasimpang sudah memiliki tanda-tanda kelemahan fisiknya, seperti beberapa kali dilakukan pengaspalan, namun dalam waktu dekat kembali mengelupas, bergelombang dan sambungan antara kolom atau ruas, coran semennya juga sudah tembus kebawah,"tegas Zulkarnain. (WD-013). 

Komentar Anda

Berita Terkini