Kabar Gembira, Saat Ini RSUD Sultan Sulaiman Sudah Miliki Laboratorium PCR

HARIAN9 author photo

 

SERDANG BEDAGAI | H9

Kabar gembira buat masyarakat Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai). Bagi masyarakat yang ingin mengecek status kesehatannya di tengah pandemi COVID-19 atau ingin berpergian keluar kota yang membutuhkan antigen ataupun Polymerase Chain Reaction (PCR) bisa langsung di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sultan Sulaiman. 

Karena saat ini, RSUD Sultan Sulaiman sudah memiliki Laboratorium PCR yang merupakan metode pemeriksaan virus SARS Co-2 dengan mendeteksi DNA virus. Laboratorium tersebut, juga sudah diresmikan oleh Wakil Bupati Sergai H Adlin Umar Yusri Tambunan, Rabu (26/1/2022). 

Dengan adanya Laboratorium PCR ini, Wabup Sergai Adlin Tambunan berharap, kedepannya bisa digunakan sebagai alat testing, tracking dan treatment bagi masyarakat yang bertujuan untuk mencegah penyebaran Covid 19.

"Kami berharap, dengan adanya alat PCR di RSUD Sultan Sulaiman ini, bisa mempercepat pelayanan kepada masyarakat. Sekarang, masyarakat di Kabupaten Sergai ini, tidak perlu lagi jauh jauh dan menunggu lama untuk mendapatkan hasil PCR tersebut,"ujar Wabup Adlin Tambunan. 

Wabup mengatakan, bahwa berdasarkan data vaksinasi Covid-19 pertanggal hari ini, Sergai telah mencapai 88,41% atau sudah dalam kondisi capaian Herd Imunity (HI). Meskipun, saat ini Sergai nol kasus setiap harinya, kata Wabup, namun antisipasi tetap dilakukan. 

"Sekali lagi, bagi masyarakat Sergai yang ingin melakukan pendeteksian covid-19 dalam tubuh atau pun yang ingin melakukan perjalanan luar kota dengan antigen ataupun PCR di RSUD Sultan Sulaiman, sudah dapat dilakukan, setelah All New Record keluar dari Kemenkes RI" sebut Adlin. 

Sementara itu, Dirut RSUD Sultan Sulaiman dr. Ahmad Idris Daulay, kepada awak media mengatakan bahwa dengan diresmikannya Laboratorium PCR ini, kedepannya, untuk pendeteksian dini Covid 19 ini bisa cepat dilakukan di Kabupaten Sergai. 

Selain itu, lanjutnya, dengan adanya Laboratorium PCR ini, dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Karena masyarakat juga sudah bisa mendapatkan hasil dalam waktu 8 jam, yang sebelumnya memakan waktu 2 hari dan harus dikirim ke Medan terlebih dahulu. 

"Dengan adanya Laboratorium ini, masyarakat tidak perlu was-was lagi lantaran harus menunggu lama hasil swab tes Covid-19. jika biasanya menunggu tiga hari sampai satu minggu, kini 8 jam setelah tes swab dilakukan hasil sudah keluar," ungkapnya. 

Prosesnya, masyarakat yang ingin mendapatkan hasil PCR di RSUD Sultan Sulaiman harus membawa persyaratan berupa fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP), setelah New All Record keluar dari Kementrian Kesehatan Republik Indonesia,"pungkasnya.(WPU06)

Komentar Anda

Berita Terkini