cari


 

Masyarakat Diimbau Beli Daging Di Pasar Kota Medan Yang Ada Lebel Halal MUI dan Logo PUD RPH Medan

harian9 author photo


MEDAN| H9
Direktur Pengembangan Perusahaan Umum Daerah Rumah Potong Hewan (PUD RPH) Kota Medan H.Rudi Suntari, S.Ag.,MM menyampaikan himbuan kepada masyarakat saat membeli daging di pasar daging Kota Medan di tempat yang ada plakat lebel Halal MUI dan Log0 PUD RPH Medan. Karena sesungguhnya PUD RPH Kota Medan, satu-satunya Rumah Potong Hewan di Kota Medan yang memiliki sertifikat Halal dari Lembaga Pengajian Pangan Obat dan Makanan Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) Provinsi Sumatera Utara. 

Hal itu disampaikannya kepada wartawan Sabtu (15/1/2022), setelah melakukan kunjungan rutin ke sejumlah pasar dibawah pembinaan PUD Pasar Kota Medan seminggu terakhir. 

"Masyarakat yang membelI daging di pasar-pasar Kota Medan jangan mau terkecoh saat membeli daging lebih murah, namun  tidak dijamin kehalalannya, karena tidak memotong di Rumah Potong Hewan Kota Medan yang merupakan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Kota Medan,"  Ungkap H. Rudi Suntari usai melakukan kunjungannya di Pasar Daging Sapi Marelan, Kecamatan Medan Marelan, didampingi Kepala Pasar Marelan PUD Pasar Kota Medan A. Rahim. 

H. Rudi yang juga Ketua Forpenda (Forum Pesantren Dan Da'i Bersatu) Sumut ini menyebutkan, kunjungannya dalam rangka memberikan edukasi tentang peranan dan fungsi PUD RPH Kota Medan dan sosialisasi Peraturan Daerah  (Perda Kota Medan) nomor 6 tahun 2022 tentang PUD RPH Kota Medan. 

Saat dilapangan ternyata banyak pedagang pasar itu memotong sapinya tidak di RPH yang resmi dan punya sertifikat Halal dari LPPOM MUI. 

Menurutnya, jika dipotong diluar RPH Kota Medan jelas ini selain pelanggaran perda yang  merugikan Pemerintah Kota Medan dan bisa merugikan masyarakat Kota Medan  karena tidak menjamin kehalalan dagingnya. Karena pendirian rumah potong hewan harus memiliki persayaratan sesuai Peraturan Menteri Pertanian Nomor 13/PERMENTAN/OT.140/1/2010 tentang Persyaratan Rumah Potong Hewan Ruminansia dan Unit Penanganan Daging (Meat Cutting Plant) dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia  Nomor 95 Tahun 2012012  Tentang Kesehatan Masyarakat Veteriner Dan Kesejahteraan Hewan, pasal 1 poin 14, Pasal 4 ayat 2, Pasal 7 dan seterusnya.

"Rumah Pemotongan Hewan (RPH) merupakan unit pelayanan masyarakat dalam penyediaan daging yang aman, sehat dan utuh serta berfungsi sebagai sarana untuk melaksanakan pemotongan hewan secara benar. Melakukan pemeriksaan kesehatan hewan sebelum dipotong atau ante mortem dan pemeriksaan karkas dan jeroan atau post mortem untuk mencegah penularan penyakit zoonotik kemanusia. Pemantauan dan surveilans penyakit hewan dan zoonosis yang ditemukan pada pemeriksaan ante mortem dan post mortem guna pencegahan, pengendalian, dan pemberantasan penyakit hewan menular dan zoonosis di daerah asal hewan. Hal ini merupakan jaminan PUD RPH Kota Medan sebagai kebutuhan masyarakat untuk memperoleh daging Asuh," tegasnya didampingi Kepala Satuan Pengawas Internal (SPI) dan Kasubag Kerjasama Adirn, SE dan Fahadyan Bayadh diruang kerjanya. 

Dikatakan Ketua DPD Satkar Ulama Indonesia Provinsi Sumut ini, jika masih mau berdagang di pasar Kota Medan, pihaknya mengharapkan para pedagang atau pemborong daging hendaknya memastikan daging diotong di PUD RPH Kota Medan, Jalan Rumah Potong Hewan No. 1 Mabar Hilir Medan rph kota Medan (PU.001)

Komentar Anda

Berita Terkini