Menaker Ajak Perusahaan Sukseskan Program Pemagangan

harian9 author photo


JAKARTA| H9

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah, mengajak perusahaan manapun, termasuk PT Nestle untuk bersama-sama menyukseskan program pelatihan melalui pola pemagangan. Program tersebut dilakukan dalam rangka percepatan peningkatan kompetensi, saat menerima audiensi Jajaran Pimpinan PT Nestle Indonesia di Kantor Kemnaker, Jakarta, Selasa (11/1/2022).

"Saya berharap, Nestle menjadi bagian dari program pemagangan yang dilakukan oleh Kementerian Ketenagakerjaan. Pemagangan ini menjadi bagian untuk meningkatkan kompetensi calon pekerja," ucapnya. 

Menurutnya, jika calon pekerja memiliki kompetensi, maka mereka akan  bisa bersaing dan diterima di pasar kerja. Untuk itu, katanya, program pemagangan ini salah satu solusi tepat dalam mengatasi persoalan ketenagakerjaan.

"Kalau kompetensinya diperkuat melalui proses pemagangan, perusahaan juga bisa mendapatkan tenaga kerja yang kompeten. Calon pekerja yang memiliki kompetensi kerja ini nantinya bisa bekerja di Nestle atau perusahaan lain," ujarnya.

Tidak hanya itu, sambungnya, peserta magang yang telah memperoleh ilmu dari perusahaan yang menjadi tempat magang bisa menjadi entrepreneur.

"Maka outputnya, mereka bisa masuk pasar kerja atau mereka menjadi entrepreneur, menjadi pelaku usaha," jelasnya.

Menurutnya, Kemnaker memiliki sejumlah program guna mendukung terciptanya entrepreneur yang salah satu programnya berbasis pada kompetensi SDM, yakni dengan cara menciptakan Wirausaha Baru Tenaga Kerja Mandiri (WBTKM).

Selain itu, Kemnaker memberikan bantuan sarana usaha agar pengetahuan yang diterima masyarakat dapat diimplementasi menjadi suatu produk berkualitas baik dan memiliki daya saing. (WP.03/rel)


 

Komentar Anda

Berita Terkini