Mensos RI : Cek lansung Pasca Banjir Bandang Palas

harian9 author photo

 

PALAS| H9
Responitivitas Kementeriaan Sosial dalam menyampaikan laporannya kepada Pusat pantas kita ucapkan terima kasih atas berhasilnya menghadirkan Menteri Sosial Hj Tri Risma untuk mencek langsung Pasca Banjir Bandang Palas meskipun tibanya beliau malam hari Senin, 3 Januari 2022.

Hj Risma dalam sambutannya ditengah Masyarakat Desa Tanjung Baru, Desa Tamiang dan Desa Tanjung Barani Kecamatan Batang Lubu Sutam, Kabupaten Padang Lawas ( Palas ), Provinsi Sumatera Utara ( Sumut ), yang di Dadampingi Plt Bupati Palas drg H. Ahmad Zarnawi Pasaribu, Cht. MM.MSi.dan Kapolres Palas AKBP Indra Yanitra Irawan S.I.K. MSi, Sekda Palas Arpan Nasusution S.Sos serta unsur Forkopinda yang siaga menunngu kedatangan Ibu Menteri, Beliau mengucapkan turut berbelasungkawa atas musibah yang dialami warga saat ini, kehadiran saya malam ini, saya buktikan bahwa semua warga itu sama bagi sama saya dimanapun itu Daerahnya, selagi bisa saya membagi waktu insha Allah pasti ingin melihat penderitaan warga kita wejangnya.

Mensos mengintruksikan agar tindakan prioritas yang harus dilakukan adalah pembersihan, namun jika semuanya telah bersih warga jangan dahulu menempati  bagi rumah yang masih utuh sebab perkiraan cuaca hujan ini akan sampai pada bulan Maret 2022, akan tetapi bagi Rumah yang rusak ringan, rusak berat bahkan banyak yang hanyut supaya di data semua.
Kemudian beliau perintahkan kepada Kepala Desa Supaya mendata warganya semua, gunakan data arsip di kantor Desa sebab pasti data warga di rumah sudah hilang dan kepada intansi terkait diharapkan terbuka untuk keperluan ini tegasnya.

Sementara kesempatan yang diberikan kepada Kades Tamiang meminta agar renovasi ini rumah kami dibantu sepenuhnya.Bu Risma menjawab bahwa untuk infrasturuktur ini tidak bisa saya putuskan mengenai tekhnisnya karena ini adalah tupoksinya Kementerita Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat ( PUPR ) akan tetapi kementerian sosial adalah pemenuhan kebutuhan dasar  warga masyarakat. tapi nanti akan kita msyawarahkan bersama dengan kementerian PUPR, tentunya juga Bupati dan Kapolres Palas serta unsur Forkopinda dan tokoh masyarakat serta melibatkan pihak Perguruan tinggi agar dibahas bersama bagaimana Pembangunan Baru dan rehat Rumah Warga dengan Study Kelayakan tempat bangunan atau Struktur tanah. ini bertujuan agar Bupati tidak memutuskan sendiri sebab musibah ini adalah tanggung jawab kita bersama umumnya, motivasi beliau pada warga.

Melengkapi crosceknya dilokasi pasca banjir Bu Tri Risma melanjutkan ke Posko Pengungsian warga di Ponpes Babul Khasanah Manggis,dan Posko Pengungsian di SDN Desa Tanjung Baru atau tempat yang tinggi.serta beliau juga cek Keaktipan Dapur Umum  lainnya seperti banyaknya sembako bantuan masyarakat Palas dan luar Palas.

Usai pengecekan tersebut beliau memberi bantuan secara simbolis untuk warga korban dan mengapresiasi peran masyarakat Palas dan Kabupaten tetangga dalam mengulurkan bantuannya kepada korban bencana.( WD047 ). 

Komentar Anda

Berita Terkini