Pasca Banjir Madina, Dek Sungai Ranto Puran Rusak Berat Warga Butuh Perbaikan

HARIAN9 author photo

 

MADINA| H9
Kondisi Dek Penahan Tanah  Sungai Ranto Puran di Desa Gunung Kecamatan Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal  tepat nya sekitar Madrasah Diniyah Awaliyah  ( MDA) Dek penahan Tanah Rusak Berat yakni sudah berlobang dan Menggantung sekitar 1,5 Meter  juga mengancam jembatan Gantung ( Rambin) yg bertepatan di hilir MDA serta sekitar SD negeri Impress Dek sudah rusak berat yg disebabkan meluapnya Sungai Ranto Puran baru-baru ini. 

Desa Gunung Tua Jae temasuk Salah satu daerah di Mandailing Natal yg Terdampak Akibat Banjir di Musim hujan ini setelah Beberapa desa pada beberapa Kecamatan Di Madina. 

Ahmad Yasin (50) mengatakan kerusakan itu sudah seharusnya ada upaya perbaikan dari pemerintah. Jum'at, (07/01/2022). 

Menurutnya, Dek penahan Tanah itu sudah seharusnya di perbaiki untuk menghindari kerusakan pada bagian lain tidak semakin parah, Sebab kata Yasin jika kondisi dek saat ini tetap dibiarkan khawatir akan membuat Dek menjadi Rusak Total. 

Bahkan Madrasah (MDA) Gunung Tua Jae yg baru berumur lima tahun setelah di bangun kembali, pernah Hanyut beberapa tahun lalu akibat luapan Sungai Ranto Puran itu sebanyak 8 Ruangan Kelas. 
 
" Mengingat ada 150 Meter yg rusak Dek ini rusak berat dan segera di perbaiki serta adanya Normalisasi Sungai Ranto Puran " Beber Yasin

Yasin menyebutkan juga telah hadir Ketua DPRD Madina dan Anggota DPRD Madina dari Fraksi Parta Gerindra Madina H, Zainuddin ( Udin Chino)  untuk memantau Jatuhnya Dek Tersebut. 

Melalui Yasin, Zainuddin mengungkapkan Dek ini akan di Bangun di bangun melalui Dana Tak Terduga ( TT) dalam rangka penanganan Darurat  bencana. 

" Kita Warga Gunung Tua Jae sudah menyurati Bupati Mandailing Natal " lanjut Yasin

Yasin Berharap pemerintah Daerah agar menampung Anggaran di BPBD Madina untuk Alokasi perbaikan Dek  Penah Tanah Sungai Ranto Puran Gunung Tua Jae.(WD-046)
Komentar Anda

Berita Terkini