Pemkab Aceh Tamiang Jadikan Daun Kelor Cegah Stunting

harian9 author photo

 

ACEH TAMIANG |H9
Bupati Aceh Tamiang, Mursil, SH, M.Kn meresmikan produk olahan daun kelor di Rumah Gizi Gampong Durian, Kecamatan Rantau. Hal ini merupakan bagian dari inovasi yang di lakukan Tim PKK Kampung Durian sebagai upaya mendukung program Pemerintah dalam pencegahan dan penurunan angka stunting. Rabu (19/1/2022).

Pada kesempatan tersebut, Bupati menyampaikan, Pemerintah sudah memberikan solusi seperti membagikan susu, vitamin dan makanan pendukung. Tapi kalau tidak ada peran ibu-ibu yang membantu bergerak maka semua usaha pemerintah tidak ada pengaruhnya dalam penanggulangan Stunting,"jelasnya.

“Jika Pemerintah dan para ibu bergerak selaras, maka optimis kita akan bebas dari stunting. Diharapkan para ibu untuk meluangkan waktu kepada anak dan memberikan perhatian khusus kepadanya di masa emasnya atau golden ages,"ungkap Bupati. 

Sementara itu,  Camat Rantau, Oky Kurnia mengatakan, angka stunting di Kecamatan Rantau mengalami penurunan. Terhitung sejak bulan Mei 2021,  stunting menurun, menjadi 53 orang dari sebelumnya 67 orang. Melalui inovasi daun kelor yang tinggi akan kandungan gizi ini diharapkan bisa terus menurunkan angka stunting,"ungkapnya. 

"Program pemanfaatan daun kelor ini bekerja sama dengan Dinas Kesehatan dan TP-PKK Kampung Durian melalui Kusibuk (Kelompok Usaha Kreasi Ibu-ibu Kreatif). Mereka mengembangkan budidaya “Pelor Chating” Pemanfaatan daun kelor cegah stunting," tegas Camat Rantau. (WD-013). 


Komentar Anda

Berita Terkini