cari


 

Pemkab Aceh Tamiang:Perbaikan Gedung LVRI Akan Segera Dilakukan

harian9 author photo


 ACEH TAMIANG| H9
Bupati Aceh Tamiang diwakilkan kepada Sekretaris Daerah, Drs. Asra bertindak sebagai Inspektur Upacara pada peringatan HUT Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) ke-65 Kabupaten Aceh Tamiang, kegiatan berlangsung di Halaman Pendopo Bupati, Kamis (20/1/2022).

Sekda dalam membacakan amanat Bupati menyampaikan, peringatan hari ulang tahun LVRI sebagai momen introspeksi dan evaluasi diri. Perjalanan selama 65 tahun harus lebih memberikan penguatan kita dalam mengelola organisasi untuk menghadapi berbagai tantangan zaman yang semakin kompleks. Apa yang dilakukan bangsa saat ini sama dengan perjuangan saat pendahulu kita merebut kemerdekaan,” ucapnya. 

"Semangat dan nilai-nilai perjuangan’ 45 adalah ruh dan nafas para pejuang. Melalui semangat cinta tanah air, rela berkorban, percaya kemampuan diri dan pantang menyerah terbukti berhasil menjadikan bangsa ini merdeka seperti yang kita nikmati saat ini. 

“untuk itu LVRI bertekad menjadikan JSN 45 menjadi sumber inspirasi bagi pejuang bangsa dan komitmen yang sudah dirintis LVRI sejak tahun 2012 dan hingga kini, masih konsisten disosialisasikan ke seluruh elemen bangsa, khususnya kalangan pendidikan. Target sosialisasi ini adalah ingin menjadikan generasi yang memiliki karakter kebangsaan yang kuat. Tidak mudah terombang ambing oleh derasnya arus informasi yang beraneka ragam paham.
 
"Diharapkan agar seluruh tingkatan organisasi baik DPP, DPD, DPC, sampai DPR agar tetap menyatu dengan masyarakat dan menjalin hubungan dengan jajaran pemerintah dan institusi TNI/Polri, juga memperkuat solidaritas antar sesama anggota dan berbuat yang terbaik agar veteran selalu di hati masyarakat dan menjadi kesatria dalam bersikap.

“Saya sebagai Ketua Team Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) dan sesuai arahan Bupati, berjanji akan melakukan perbaikan plafon serta lantai gedung. Ini sebagai bentuk apresiasi terhadap para pejuang kita,"ucap Asra.

Selanjutnya, Ketua DPD LVRI Aceh, Kolonel (Purn) HM. Djapar Karim mengatakan, peringatan ini sebagai momentum mengenang 2500 laskar para pejuang yang berkumpul di Jakarta menghadiri Muktamar pertama dan membentuk persatuan yang dinamakan Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI),"jelasnya.

“Hal-hal yang penting diketahui oleh kita bersama, bahwa LVRI terdiri dari empat kelompok, yang pertama Veteran pejuang kemerdekaan Indonesia, yang kedua kelompok Veteran Anumerta, dalam hal ini  adalah pejuang yang gugur di dalam pertempuran, ketiga yaitu Veteran pembela kemerdekaan. 

"Diharapkan kepada para Pemimpin Daerah untuk tetap mengingat jasa para pahlawan. Sebab sesuai dengan semboyan “Bangsa yang besar adalah bangsa yang tahu dan mau menghargai jasa-jasa para pahlawan”. Soekarno berpesan, jangan sekali-kali melupakan sejarah,"ucap Kolonel (Purn) Djapar.

Turut hadir mengikuti rangkaian kegiatan, Kepala Kejaksaan Negeri Aceh Tamiang, Agung Ardiyanto, Ketua MPU Aceh Tamiang, Safrizal, Kaminvetcad Dam IM 04/ Aceh timur, Mayor Inf. Hari Santoso, Mewakili Dandim 0117/Aceh Tamiang, Kapten Inf. Sri Indarjo, mewakili Kapolres Aceh Tamiang Iptu Ismail, Ketua DPD LVRI Aceh Tamiang, Momon dan para anggota veteran. (WD-013). 

Komentar Anda

Berita Terkini