cari


 

Ratusan Peserta Ikuti Bupati Gerak Jalan Santai Kerukunan Kemenag RI

harian9 author photo

 

TAPSEL| H9
Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel), H Dolly Pasaribu, SPt, MM, melepas dan mengikuti gerak jalan santai kerukunan yang digelar oleh Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) Kabupaten Tapsel di Lapangan Sarasi II, Kelurahan Bintuju, Kecamatan Angkola Muaratais Kabupaten Tapsel, Selasa (4/12/2022).

Gerak jalan santai kerukunan tersebut dihadiri Kadis PMPTSP Sofyan Adil, Kabag Kesejahteraan Rakyat Cos Riady Siregar, Sekretaris Satpol PP Jhoni Gumansi, Camat Angkola Muaratais AM Fadhil Harahap, Kapolsek Batang Angkola dan para pejabat Kemenag Tapsel, dengan mengambil rute dari Lapangan Sarasi II Bintuju menuju finish di Lapangan Ponpes Baharuddin.

Dalam suasana penuh keakraban itu, Bupati menyampaikan apresiasi pada Kemenag RI, untuk terus memberikan yang terbaik dalam pendampingan, koordinasi dan fasilitasi seluruh umat beragama di Indonesia, khususnya di Tapsel. 

" Sebagaimana diketahui bersama, Tapsel pernah mendapat penghargaan dari Menteri Agama RI pada HAB ke-74 tahun 2020 dalam hal kerukunan umat beragama dan pembangunan keagamaan di wilayah Provinsi Sumatera Utara, " ujar Dolly.

Bupati juga berharap, Kemenag RI dapat lebih profesional dalam melayani umat, khususnya dalam menghadapi situasi dan kondisi akibat pandemi Covid-19 dan invasi pemahaman yang tidak sesuai norma agama dan budaya ketimuran dari daerah-daerah luar.

Disebutkannya, kemarin juga disampaikan Pak Menteri Agama, indeks kerukunan umat beragama mengalami peningkatan. Kemudian, opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) sudah sering diraih.

" Mudah-mudahan acara ini selain mempererat antar keluarga besar Kemenag RI, harmonisasi hubungan dengan Pemkab Tapsel juga berdampak terhadap pembangunan Tapsel ke arah yang lebih sehat, cerdas, dan sejahtera," harapnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag RI Kabupaten Tapsel, Drs Ihwan Nasution, mengatakan, kegiatan tersebut diharapkan dapat menciptakan kerukunan dan persatuan umat, sehingga kerukunan umat beragama selalu terjaga dan terawat di Tapsel.

" Jadi, semua agama di bawah naungan Kemenag RI, mengikuti gerak jalan santai tersebut, dengan harapan dapat menciptakan kerukunan dan persatuan umat, " ucap Ihwan

Ia menambahkan, adapun peserta yang mengikuti kegiatan tersebut, berasal dari unsur guru, mulai dari Madrasah, pendidikan agama Islam, Kristen, dan Katolik dan juga berasal dari penyuluh, baik dari agama Islam, Kristen, dan Katolik, serta seluruh pegawai Kemenag RI.

" Kegiatan ini juga diisi dengan stand bazar dan lucky draw bagi peserta yang mengikuti gerak jalan santai kerukunan, " tuturnya. (WD.014)
Komentar Anda

Berita Terkini