Satpol PP dan Damkar Palas terus Kerja Bakti Bersihkan Lumpur Sisa Banjir

harian9 author photo


 PALAS | H9
Hujan yang mengguyur Kecamatan Batang Lubu Sutam dan sekitarnya yang terjadi sejak Jumat hingga  malam pergantian tahun, setidaknya mengakibatkan perumahan warga, sekolah rusak berat, ringan  dan fasilitas umum digenangi banjir dan kemudian menyisakan lumpur akibat banjir tersebut.

Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP dan Damkar) Kabupaten Padang Lawas (Palas) terus berjibaku membersihkan sisa lumpur yang di sebabkan banjir yang sempat terjadi di wilayah tersebut akibat curah hujan tinggi dan meluapnya air sungai Batang Lubu Sutam.Pada jumat  (31/12/2021) yang telah lalu.

"Sejak Hari pertama kami Satpol PP dan Damkar serta masyarakat melaksanakan pembersihan Fasilitas umum tempat ibadah , dan perumahan warga, dengan membersihan sisa-sisa lumpur dan pecahan kayu kayuan pasca banjir." Demikian disampaikan Kasatpol PP dan Damkar kabupaten palas, Agus Saleh Saputra Daulay, SH, MM. Melalui Kabid Ops Khairuddin Siregar, SE, didampingi, Kabid Perda Wyldan Ansori Hasobuan, SH., Plt Kabid Linmas Arif Tastas Harahap, S.STP, M.AP.,  Kabid Damkar Manimpo Halomoan Siregar, SE., Kasi SDA M. Idris Nasution, Ketentraman dan Ketertiban Umum, Kasi, Para Komandan Platon (Danton) dan Danru Satpol PP dan Damkar Kabupaten Palas. Kamis, (12/02/2022)

DiKatakan Kabid Pos Satpol PP dan Damkar Palas, Kegiatan pembersihan tersebut merupakan salah satu langkah untuk mengurangi setiap kesulitan dan permasalahan yang di alami oleh masyarakat terutama ketika terjadinya bencana alam. Saat ini air sungai Batang Lubu Sutam sudah berangsur surut. Namun kepada warga untuk tetap waspada dan selalu berhati-hati di segala kemungkinan terjadi pada saat musim hujan. Kata Khairuddin Siregar.

Sementara itu, Kabid Damkar Palas, Manimpo Halomoan Siregar, SE menambahkan, sejak terjadinya banjir bandang hingga saat ini, seluruh jajarannya disiagakan untuk membantu warga terdampak banjir di wilayah Kecamatan Batang Lubu Sutam.

"Saat terjadi banjir, kami bersama seluruh jajaran terkait bahu-membahu malakukan evakuasi warga, serta mendistribusikan bantuan logistik," sambungnya.

"Untuk masyarakat diharapkan jaga selalu lingkungan di sekitar kita dan jangan membuang sampah sembarangan di sungai yang dapat memicu terjadinya penyumbatan aliran sungai, jika sampah sudah terlalu banyak dan menumpuk bisa mengakibatkan banjir bandang, terutama di musim penghujan. Mengingat, goegrafi di daerah kita ini sangat rawan terjadinya banjir dan longsor."harapnya. (WD41)

Komentar Anda

Berita Terkini