Satu Unit Kilang Padi Terbakar di Tapsel

harian9 author photo

 

TAPSEL| H9
Satu unit kilang padi UD. Ririn, milik Hasrul Shaleh Harahap gelar Tuongku Sutan Marahalam Harahap (58) di desa Sibongbong Kecamatan Angkola Selatan Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) hangus terbakar, Jumat (31/12/2021), sekira pukul 21.00 Wib.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran tersebut, namun kerugian yang diderita korban ditaksir mencapai ratusan juta rupiah. Sementara penyebab kebakaran diduga akibat terjadinya korsleting arus pendek listrik.

Kepala Desa Sibongbong Misfa Gani Hasibuan yang dikonfirmasi membenarkan terjadinya kebakaran kilang padi UD. Ririn tersebut, yang diduga akibat arus pendek listrik.

" Dari laporan sementara, kerugian akibat kebakaran ditaksir mencapai Rp.200 juta karena telah menghanguskan se isi kilang berupa padi basah, padi kering giling, beras dan merusakkan mesin penggiling padi, " ujar Kades.

Ia juga menjelaskan, peristiwa kebakaran tersebut telah dilaporkan ke Camat Angkola Selatan untuk segera di tindak lanjuti, mengingat kilang padi tersebut saru-satunya yang ada di Desa Sibongbong.

" Diharapkan kilang padi tersebut secepatnya diperbaiki, mengingat kebutuhan petani yang sebahagian telah panen sangat membutuhkan penggilingan padi untuk jadi beras untuk kebutuhan pokok dan sebahagian untuk di jual, " terangnya.

Tinjau

Mendapat laporan kebakaran, Bupati Tapsel H. Dolly Parlindungan Pasaribu, S.Pt, MM bersama Kaban Kesbangpol Hamdi S Pulungan, Kadis Pertanian Bismark Muaratua Siregar dan Kadis Sosial Tapsel langsung meninjau lokasi puing-puing kebakaran.

Pada kesempatan tersebut, Bupati menyerahkan bantuan darurat dan meminta agar korban yang juga pemilik usaha diberikan keringanan, apalagi kilang padi ini sangat dibutuhkan masyarakat untuk membantu petani sawah sekitarnya.

" Musibah ini bukanlah kira inginkan. Tetapi Tuhan Yang Maha Kuasa telah memberi cobaan kepada kita. Mudah-mudahan Allah memberikan rezeki bagi pemilik usaha nantinya, " ucap Dolly.

Sementara pemilik kilang padi UD. Ririn, milik Hasrul Shaleh Harahap gelar Tuongku Sutan Marahalam Harahap mengucapkan terima kasih kepada Bupati Tapsel dan jajaran yang telah berkunjung melihat kondisi kilang yang telah jadi puing akibat kebakaran.

" Kami sangat berharap, selain memberi bantuan darurat, Pemkab Tapsel juga ikut membantu membangun kembali kilang padi yang lebih bagus, oven agar bisa menampung gabah padi masyarakat, " harapnya. (wd14)
Komentar Anda

Berita Terkini