SPKKL Tual Bakamla RI Berhasil Evakuasi Wakil Walikota Tual Akibat Speedboat Mati Mesin

harian9 author photo
 

TUAL| H9
Stasiun Pemantauan Keamanan dan Keselamatan Laut (SPKKL) Tual Bakamla RI berhasil selamatkan Wakil Walikota Tual Usman Tamnge beserta 20 rombongan lainnya setelah Speedboat yang ditumpanginya mengalami mati mesin di perairan Pulau Dua, Kota Tual, Sabtu (29/1/2022).

 
Pada awal kejadian, Kepala Kantor SPKKL Tual Letkol Bakamla Rizal Ufer Suat,S.Pi sekira pukul 07.20 WIT menerima informasi dari salah satu penumpang Speedboat bahwa kapal yang ditumpangi bersama Wakil Walikota Tual mengalami mati mesin di sekitar perairan Pulau Dua dan terombang ambing hanyut sampai di perairan sekitar Pulau Ut.
 
Menindaklanjuti laporan yang diterima, Letkol Bakamla Rizal Ufer Suat langsung berkoordinasi dengan Kepala Kantor Kamla Zona Maritim Timur Laksamana Pertama Bakamla Arif Sumartono, S.Sos,M.Si (Han) sebagai laporan dan meminta arahan guna evakuasi.
 
Guna memastikan posisi kapal, Letkol Bakamla Rizal Ufer Suat melaksanakan tracking posisi kapal dengan Dasboard Vessel Security yang dimiliki SPKKL Tual. Setelah diketahui posisi kapal berada pada koordinat 5°34’49’S–132°’40’58’E ‘ E, Letkol Bakamla Rizal Ufer Suat memimpin langsung jalannya evakuasi dengan menggunakan unsur Catamaran 5-07.
 
Pukul 08.40 WIT, Catamaran 5-07 berhasil menemukan Speedboat tersebut di perairan Pulau Ut perairan Kota Tual dan mengevakuasi Wakil Walikota Tual dan seluruh korban dengan keadaan selamat.
 
Berdasarkan keterangan dari salah satu penumpang, diketahui Speedboat yang membawa Wakil Walikota Tual beserta rombongan bertolak pukul 05.00 WIT dini hari dari Pulau Tayandu menuju Kota Tual.
 
Namun sesampainya di perairan Pulau Dua sekitar pukul 06.10 WIT, Speedboat yang dinaiki mengalami kerusakan mesin dan terombang ambing selama beberapa jam dan hanyut terbawa ombak hingga perairan Pulau Ut.
Komentar Anda

Berita Terkini