cari




 


 

Walikota Padangsidimpuan Bertindak Sebagai Irup Pada Peringatan HAB

harian9 author photo

 

PADANGSIDIMPUAN | H9

Peringatan Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama (Kemenag) ke-76 Tahun 2022, di Lapangan MAN 2 Padangsidimpuan, Senin (03/01), Wali Kota Padangsidimpuan bertindak selaku Inspektur Upacara.

Pada kesempatan itu, dalam Amanat Menteri Agama (Menag) RI, Yaqut Cholil Qoumas yang dibacakan Wali Kota Irsan mengatakan, sejak dibentuk tanggal 3 januari 1946 hingga hari ini, Kemenag terus tumbuh dan berkembang menjadi salah satu instansi pemerintah   yang mempunyai peran   penting dan strategis dalam meningkatkan pemahaman dan pengamalan ajaran agama serta mewujudkan tatanan kehidupan beragama yang toleran dan ramah bagi semua.

Menurutnya, Kemenag telah hadir sebagai payung teduh bagi semua unsur umat beragama, memberikan pelayanan prima bagi masyarakat yang membutuhkan layanannya, dan menjaga Pancasila, Konstitusi, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia untuk tetap dalam jalurnya.
Hal tersebut, jelas Menag dibuktikan dengan naiknya Indeks Kesalehan Umat Beragama dari 82,52 pada tahun 2020 menjadi 83,92 pada tahun 2021.

“Indeks kerukunan umat beragama juga mengalami peningkatan yang semula tahun 2020 sebesar 67,46 menjadi sebesar 72,39 pada tahun 2021. Indeks Kepuasan Layanan KUA meningkat pula dari angka 77,28 pada tahun 2019 menjadi 78,90 pada tahun 2021,” ujarnya.

Selain itu, Kemenag juga telah menjalin hubungan yang baik dengan para tokoh dan pemuka agama, organisasi dan lembaga keagamaan, forum kerukunan umat beragama, serta unsur masyarakat lainnya.

Hubungan baik tersebut, lanjutnya, diwujudkan dalam beragam pertemuan, baik di tingkat nasional maupun daerah, pendampingan, koordinasi, konsultasi, dan fasilitasi.

Dari perspektif tata kelola keuangan, Kemenag juga, kata Menag, mampu mempertahankan prestasinya, dimana Kemenag kembali meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Tahun 2020.

Kemenag telah mengajukan kepada Bapak Presiden RI untuk memberikan penghargaan Satyalancana Karya Satya kepada 9.310 PNSKemenag dari 79 satuan kerja yang dinilai telah mengabdi tanpa cacat sebagai abdi negara.

“Alhamdulillah, Bapak Presiden telah mengabulkan permohonan tersebut dan pada HAB ke-76 ini, atas nama Bapak Presiden, diberikan penghargaan Satyalancana Karya Satya 30 tahun kepada 509 orang, 20 tahun kepada 2.802 orang, dan 10 tahun kepada 5.999 orang PNS Kemenag. 

Saya ucapkan selamat kepada para penerima penghargaan, semoga penghargaan tersebut semakin meningkatkan kinerja ASN Kemenag dan menambah kebanggaan, sebagai bagian dari Korps Kemenag,” tandas Menag.

Acara ditandai dengan penyerahan penghargaan kepada siswa/siswi berprestasi.

Hadir dalam acara tersebut Wali Kota, Wakil Wali Kota, Kakan Kemenag, Sekretaris Daerah, Ketua PN, Ketua Pengadilan Agama, Waka Polres, Kasdim 0212/TS, Mewakili Kejari, Ketua MUI, Ketua FKUB, Kalapas Kelas II B /Salambue, Pimpinan OPD, Pejabat Kantor Kemenag Padangsidimpuan. (WD035).

Komentar Anda

Berita Terkini