cari


 

Warga Kelurahan Mompang Jae Madina Menduga Dana KKS Disunat

harian9 author photo

 

MADINA|H9
Selain Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan Kartu Indonesia Sehat (KIS) bagi masyarakat miskin, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo meluncurkan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) yang tadinya dikenal sebagai Kartu Perlindungan Sosial (KPS).

Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) menggunakan anggaran sebesar Rp 6,2 triliun dan setiap keluarga akan mendapatkan Rp 200 ribu per bulan. Kartu ini akan diisi setiap 2 bulan.

Tapi sayang pengguna KKS ini banyak dikalangan masyarakat menerima bantuan ini sudah tidak lagi seperti yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo, seperti dikelurahan Mompang Jae dan Desa Tanjung Mompang kecamatan panyabungan utara kabupaten Mandailing Natal (Madina)  Sumatera Utara penerima bantuan KKS dikawasan ini mengaku ada permainan oleh penyalur bantuan tersebut.

Saat dikonfirmasi, Sabtu (15/01/2022), warga kelurahan mompang jae kecamatan panyabungan utara Kabupaten Madina Sumatera Utara penerima KKS yang tidak mau disebut identitasnya mengaku hanya menerima bantuan beras 30Klg dan telur 24 butir, Kacang Hijau 1/2klg dan sayur kentang 1Klg jika ditotal harga Rp 358.000 ini untuk jatah enam bulan.

"Pencairannya lewat agen yang bekerjasama dengan bank terdekat dan itu langsung dibelanjakan oleh mereka, Iya cuma itu yang kami terima selama 6 bulan terakhir tahun 2021, dan slipnya juga ada selama enam bulan itu," kata pemegang KKS di Desa Tanjung Mompang Kecamatan Panyabungan Utara Madina Sumut.

Hal yang sama dikatakan Pemegang Kartu Keluarga Sejahtera di Kelurahan Mompang Jae Kecamatan Panyabungan Utara Madina Sumut, mereka hanya menerima bantuan sembako dalam jumlah yang sama.

"Sama kayak ditanjung 30 Kg Beras setengah kilo kacang Hijau, 24 biji telur ayam luar dan 1 kilo kentang untuk jatah 6 bulan di 2021 yang lalu, enggak tau itu dipotong atau tidak cuma itu yang kami terima," timpalnya

Dalam artian, penerima bantuan KKS itu hanya menerima separuh dari anggaran yang ditetapkan oleh pemerintah.

Ditempat terpisah saat dikonfirmasi  agen yang bekerjasama dengan bank di kelurahan mompang jae kecamatan panyabungan utara madina atau penyalur bantuan anggaran KKS tidak merespon sama sekali.

Meski beberapa pertanyaan sudah dikirim melalu Whatssapnya dan diketahui tanda baca sudah menyala, sampai berita ini dibuat pihak yang berkaitan sama sekali tidak memberikan jawaban atau komentar.(WD-046)


Komentar Anda

Berita Terkini