Ziarah dan Tabur Bunga Mengisi HUT Legiun Veteran RI

harian9 author photo

 

ACEH TAMIANG| H9
Kodim 0117/Aceh Tamiang bersama Pemerintah Daerah laksanakan upacara Ziarah dan tabur bunga dalam rangka memperingati HUT Legiun Veteran RI yang ke 65, kegiatan berlangsung di Pendopo Bupati di Kecamatan Kota Kualasimpang,  Taman Makan Pahlawan, Kabupaten Aceh Tamiang. Kamis ( 20/01/2022).

Bertindak sebagai Inspektur upacara Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Tamiang Drs. Asra ,Perwira upacara Kapten Inf M. Rizal dan Komandan upacara Kapten Inf . Abidin.

Pada kesempatan itu Sekda Kabupaten Aceh Tamiang dalam membacakan Amanat mengatakan, dikesempatan yang baik ini kami mengajak semua anggota LVRI untuk mengenang dan mendoakan yang terbaik bagi para pejuang yang telah gugur di medan pertempuran. Peristiwa Heroik itu terjadi pada masa perang kemerdekaan (1945-1949 ) dan berbagai Operasi antara Lain Trikora, Dwikora, Seroja dan Penugasan Pasukan Indonesia dalam Misi Perdamaian PBB di pelbagai wilayah Konflik di dunia,"terangnya.

"Untaian do'a juga kita sampaikan untuk Korban jiwa akibat Bencana Alam Erupsi Gunung Simeru di Lumajang, serta berbagai bencana lainnya di nusantara tercinta. Semoga Allah Subhanahu Wata'ala memberikan tempat yang mulia di sisinya. Atas nama Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang, kami turut bersimpati dan berbelasungkawa atas musibah yang melanda.

"Organisasi LVRI ditetapkan pada kongres nasional pertama di hotel Deca Park, 2 januari 1957 di Jakarta, yang diikuti 2500 bekas pejuang perang Kemerdekaan. Mereka berasal dari seluruh penjuru tanah air. Bertemunya para pejuang itu, tidak hanya membahas soal masa depan tetapi juga penyatuan di antara mereka.

"Kongres berakhir dengan kesepakatan membentuk badan yang menyatukan semua faksi dalam wadah Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI). Pada tanggal yang sama juga diterbitkan Keputusan Presiden Soekarno, Nomor 103 tahun  1957  tentang berdirinya LVRI. Presiden juga menganugerahkan panji kehormatan Veteran RI Karya Dharma, dan  penetapan  kode  kehormatan  Veteran RI,  Panca Marga.

"Di era Reformasi, Pemerintah juga menerbitkan Undang-undang Nomor 15 tahun 2012 tentang Veteran. Undang- Undang itu menjadi aset berharga yang dimiliki veteran hingga saat ini. Untuk itu kita harus bersukur dan bangga, bahwa negara telah memberikan pengakuan atas pengabdian dan pengorbanan para pejuang terhadap negeri tercinta ini.

"Peringatan hari ulang tahun ini harus kita jadikan intropeksi dan evaluasi diri. Perjalanan selama 65 tahun harus lebih memberikan penguatan kita dalam mengelola organisasi untuk menghadapi berbagai tantangan zaman yang semakin kompleks. Kita peringati ulang tahun ini secara sederhana meski dalam situasi pandemi covid-19 untuk menyemangati peringatan tahun ini, di pilih Tema Legiun Veteran RI Bersama Kekuatan Nasional Lainnya Siap Mendukung dan Mengamankan Pembangunan Nasional, Terutama dalam Menanggulangi Pandemi Covid-19.
 
"Tema ini akan menjadi pedoman bagi arah dan kelanjutan perjuangan seluruh anggota LVRI. Mengingat pandemi Covid-19 belum juga berakhir, kita harus tetap mendukung upaya pemerintah dalam membasmi Covid-19 hingga tuntas. Kita harus tetap waspada dan tidak boleh lengah, disiplin mematuhi protokol kesehatan harus melekat pada diri setiap anggota veteran maupun teladan bagi orang lain. Upaya ini, merupakan dukungan kita sebagai warga negara, dengan harapan kita bisa secepatnya memutuskan mata rantai pandemi agar bangsa ini tetap kuat dan kembali melanjutkan pembangunan negeri,"ungkap Sekda. 

Turut hadir dalam kegiatan, Kaminvetcad Dam IM 04/ Aceh Timur Mayor Inf. Hari Santoso, Dandim 0117/ Aceh Tamiang di Wakili oleh  Kapten Inf. Sri Indarjo, Kapolres Aceh Tamiang di Wakili oleh Iptu Ismail, Kajari Kabupaten Aceh Tamiang Agung Ardyanto,SH, Ketua DPD LVRI Aceh Kolonel ( Purn)HM. Djapar Karim, Ketua DPC LVRI Aceh Tamiang. (WD-013). 
Komentar Anda

Berita Terkini