Atasi Hama Penyakit di Ulu Barumun, HKTI Ajak BPP dan Petugas Hama Distan Palas

harian9 author photo


 PALAS | H9

Dalam rangka mengatasi Hama penyakit tanaman pertanian, yang telah dialami oleh para petani sawah, Kelompok Tani di Ulu Barumun, untuk mengatasi hal tersebut.

Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Padang Lawas, gerak cepat langsung mengajak BPP (Balai Penuluhan Pertanian) yang di kepalai Ibu Nurazima beserta tim PPL (Penyuluh Pertanian Lapangan) meninjau Lokasi Sawah yang terserang hama penggerek di 4 Kelompok Tani (Poktan), Kecamatan Ulu Barumun, Kabupaten Padang Lawas (Palas), Provinsi Sumatera Utara, Rabu (02/02/2022). 

Terlihat Hadir Perugas Pengendali Organisme Penyakit Tanaman (POPT) dan Pengamat Hama Penyakit (PHP). Ibu Arnida Hasibuan dari Instansi Dinas Pertanian Kabupaten Padang Lawas. 

Sesuai penjelasan Arnida bahwa hama yang melanda persawahan di poktan ini jenis Hama penggerek dan juga keracunan zat Besi. 

"Maka langkah yang di perlukan adalah penyemprotan menggunakan obat yang sistemik dan traslaminar karena penggerek ini sifatnya selalu berada didalam batang padi, kalau penggunaan pestisida sistem kontak kurang efisien, kita usahakan bawa obatnya dan kita lakukan penyemprotan," ungkap Arnida.

Dalam Kesempatan sama, disamping itu juga Ketua HKTI Palas Leo Hasibuan, turut menjelaskan Di jadwalkan besok 3 Februari akan di laksanakan Penyemprotan anti hama secara massal oleh Dinas Pertanian Kabupaten Padang Lawas sebagai Langkah pengendalian hama tersebut Ungkap Ketua HKTI. 

Sementara, BPP Ulu Barumun, Distan Palas, melalui Nurazima juga memaparkan ada 3 Kelompok Tani yang terparah diserang dan yang lainnya bisa menular kalau tidak segera di tangani yaitu Kelompok Satahi Desa Pasar Ipuh, Kelompok Saroha 1 Desa Matondang, Dan Kelompok aek milas Desa Paringgonan, Ungkapnya 

"Selain itu, Nurazima juga menambahkan Semoga Dengan Langkah pengobatan ini hama bisa terkendalikan walaupun tidak bisa 100%. Setidaknya upaya tetap kita lakukan".Tandasnya. (WD041).
Komentar Anda

Berita Terkini